Cara Memasak dengan Slow Cooker

Cara memasak dengan Slow Cooker. Panci masak Slow Cooker yaitu alat yang digunakan untuk memasak dengan pelan-pelan. Istilah lainnya yaitu Crock-Pot sebab panci ini memiliki kuali keramik atau tanah liat. Alat masak Slow Cooker dirancang bagi para ibu yang sibuk dan sudah ada semenjak 1970an. Dengan Slow Cooker ini maka ibu-ibu bisa menyalakannya untuk kemudian ditinggal dalam waktu lama untuk mengerjakan pekerjaan lain. Kemampuan Slow Cooker ini yaitu bisa membuat masakan dengan tekstur empuk dan lemas.


Slow Cooker dapat untuk memasak bubur, cake, roti, minuman hangat, soup, saus, kaldu, dan lainnya. Prinsip Slow Cooker yaitu mengolah dengan merebus. Slow Cooker pun menjadi favorit ibu dengan buah hati yang masih bayi saat membuat makanan pendamping ASI. Pot Slow Cooker yang terbuat dari tanah liat atau keramik mampu menyebarkan panas secara merata. Kualinya tersebut pun mudah dilepas saat akan dibersihkan atau digunakan dengan kompor biasa.

Cara memasak dengan Slow Cooker cukup mudah. Tinggal masukkan seluruh bahan yang akan dimasak, tuangkan air sesuai takaran dan hidupkan. Lama memasak dengan Slow Cooker kurang lebih lima hingga enam jam sehingga siap dihidangkan. Para ibu pun boleh menambahkan keju atau kaldu sesaat sebelum matang. Cara memasak dengan Slow Cooker untuk mengolah bubur bayi atau nasi tim pun sama, berbeda hanya takaran air yang digunakan. Para ibu pun bisa mengolah bahan siap olah bubur bayi misalnya merek Bebiluck dengan cuma menuangkannya ke panci Slow Cooker.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari cara memasak dengan Slow Cooker ini. Pertama, bahan-bahan yang hendak dimasak bisa dipotong berukuran kecil sehingga bisa matang secara merata. Saat memasak, para ibu tidak boleh sering-sering membuka tutup panci sebab bisa mengakibatkan  waktu memasak yang bertambah lama serta kandungan gizi yang rusak. Sebelum memasak, bahan-bahan harus disiapkan tanpa ada yang terlewat yang kemudian dimasukkan di tengah proses. Dengan tutup yang dibuat dari bahan kaca transparan maka memudahkan melihat isi di dalamnya meski dalam kondisi tertutup.

Kemudian setelah selesai memasak dan hendak membersihkan panci atau tutup kaca maka tunggu dulu sampai dingin dan jangan masih dalam kondisi panas. Suhu yang turun dengan drastis mampu mengakibatkan panci keramik atau tutup kaca bisa pecah. Jangan terlalu sedikit memasak bahan sebab akan menghasilkan kerak di dasar panci. Takaran paling sedikit misalnya 400 cc air untuk memasak 4 sendok makan beras. Bila menggunakan bumbu maka hendaknya ditambahkan sesaat sebelum matang sehingga citarasa tetap terjaga.

Untuk bahan dengan sifat cepat matang agar disendirikan dimasukkan sesaat sebelum waktu memasak selesai sehingga tak over cooked. Slow Cooker  tak mati otomatis saat masakan matang. Namun tak usah panik sebab sesuai namanya, Slow Cooker berjalan lambat yang artinya tak akan membuat hangus masakan. Untuk itu sesudah masakan matang maka segera matikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel