Cara Memasak Keong Sawah yang Benar

Keong sawah termasuk keluarga siput air dimana hewan sering dijumpai di perairan tawar kawasan tropis. Keong sawah biasanya muncul di musim hujan, persisnya ketika memasuki musim menanam padi. Hewan ini termasuk jenis hama bagi tanaman padi yang harus dibasmi. Sebagian orang menjadikannya sebagai bahan makanan. Olahan dari daging keong sawah cukup populer bagi masyarakat pedesaan sebab citarasanya memang gurih dan sedap. Kita harus tahu cara memasak keong sawah yang benar.

Penanganan keong sawah sebelum dimasak sesuai resep yang diinginkan sangatlah penting. Seperti diketahui keong sawah memiliki habitat di areal lumpur yang banyak mengandung bakteri, jamur dan cacing yang membahayakan. Pastikan untuk mencuci keong sawah hingga betul-betul bersih dan tak ada lagi lumpur yang melekat di cangkang dan dagingnya. Setelah itu keong sawah pun harus dimasak hingga betul-betul matang. Jangan memakan keong sawah secara mentah atau tak cukup matang. Memasak hingga betul-betul matang akan membasmi bakteri, jamur atau cacing yang menempel di keong sawah.

Keong sawah mudah untuk dimasak apa saja mulai dari yang berkuah hingga yang digoreng. Berikut cara memasak keong sawah dengan resep rica-rica.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

- Keong sawah 300 gram dicuci bersih, godok hingga matang dalam 1 liter air dengan ditambahkan 2 lbr daun salam. Angkat lalu ambil daging dari cangkangnya.
- Air 200cc
- Minyak sayur 3 sdm untuk menumis.
- Daun jeruk 5 lbr dihilangkan tulang daunnya.
- Air jeruk nipis 1 sdt
- Tomat merah 1 buah dirajang-rajang sesuai keinginan.
- Garam 1/2 sdm
- Gula pasir 1 3/4 sdt
- Lada putih halus 1/4 sdt

Bumbu-bumbu tumbuk kasar :

- Bawang putih 4 siung
- Bawang merah 8 siung
- Terasi 1 sdt digoreng atau dibakar
- Cabe merah besar 5 buah
- Cabe merah keriting 5 buah
- Cabe rawit merah 4 buah

Bahan pendukung :

- Kemangi sesuai keinginan diambil daunnya saja.
- Daun bawang 1 helai dirajang-rajang.

Cara membuat keong sawah resep rica-rica :

Langkah pertama yaitu memanaskan minyak sayur untuk keperluan menumis bumbu tumbuk kasar hingga tercium aroma wangi. Masukkan daun jeruk dan irisan tomat merah, lalu tumis hingga tomat layu. Tambahkan daging keong sawah sembari diaduk-aduk agar bumbu meresap ke daging. Masukkan air putih dan bumbu-bumbu lain, panaskan terus dengan sesekali diaduk-aduk. Masukkan daun kemangi serta daun bawang kemudian aduk-aduk sebentar dan angkat. Menu rica-rica keong sawah siap disantap sebagai lauk untuk nasi hangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel