Cara Membuat MPASI Pertama

Termasuk kebutuhan dasar yang dipikirkan sejumlah ibu baru yaitu menyiapkan Makanan Pendamping ASI atau disebut MPASI. Beberapa pilihan malah sering menyebabkan para ibu bingung yaitu si bayi pertama kali akan diberikan menu buah atau bubur susu. Lalu bagaimana cara membuat MPASI pertama yang benar sesuai standar gizi yang dibutuhkan bayi?



Sesuai dengan rekomendasi dokter, jadwal MPASI minggu pertama boleh diawali dengan memberikan buah, dengan syarat berat badan bayi adalah normal. Namun apabila si bayi kurus, MPASI hendaknya tak diawali dengan buah namun serealia. Namun dari beberapa kejadian bayi yang diberikan MPASI dengan buah malah akan susah saat diberikan menu serealia. Sehingga akhirnya si bayi pun akan kurus juga. MPASI buah cukup bagus, namun menu ini tak akan menambah berat badan si bayi.

Acapkali bayi yang semula diberikan ASI terlihat gemuk , 6 bulan kemudian hingga 12 bulan diberikan MPASI berupa buah malah berat badannya hanya naik setengah kilo. Perlu dimengerti bahwa pemberian buah dengan kandungan fruktosa untuk MPASI pertama pun akan berpengaruh pada preferensi bayi pada rasa manis. Dengan begitu saat menunya diganti dengan serealia, boleh jadi akan cukup sulit diterima bayi. Untuk bayi kurus yang ingin menambah berat badan, memberikan menu MPASI dari daging akan lebih cepat menambah berat badan.

Saran terbaik adalah penggantian menu MPASI tak dijeda terlalu lama. Misalnya pemberian serealia beberapa hari lalu dilanjutkan dengan buah dan kemudian diberikan bubur tim saring yang ditambahkan daging. Untuk bayi yang kurus, asupan daging atau hati pun boleh dilakukan kendati berumur 6 bulan untuk meningkatkan berat badan dengan cepat.

Sementara untuk porsi MPASI bisa ditambah sedikit-sedikit sesuai minat bayi dengan takaran awal kurang-lebih 120 ml. Pada minggu kedua bila ingin dikenalkan jenis sayuran dan umbi-umbina maka bisa saja dilakukan. Tentukan salah satu jenis sayuran dan umbi lalu berikan secara bertahap dalam 3 hari, kemudian ubah ke menu lain.Tiga syarat harus diperhatikan dalam pemberian MPASI meliputi : bayi memang sudah mau, fungsi fisik mendukung yaitu sudah mampu duduk dengan tegak dan kepala tegak, sistem pencernaan pun sudah siap.

Berikut macam menu dan cara membuat MPASI pertama untuk diberikan kepada bayi :

Hari ke-1 hingga hari ke-3 : Pisang kerok

Jenis pisang yang diberikan boleh dari pisang Ambon atau pisang Cavendish. Supaya tak terlampau kental boleh diencerkan dengan ASI atau susu formula seperlunya. Disuapkan jam 8 pagi dengan porsi menyesuaikan dengan keinginan si bayi.

Hari ke-4 hingga ke-6 : Alpukat

Gunakan yang sudah matang dengan dikerok sebagaimana pada pisang. Atau dilumatkan menggunakan sendok. Tambahkan ASI atau susu formula seperlunya.

Hari ke-7 : pisang kerok dan bubur oatmeal

Pagi hari diberikan pisang kerok sedangkan siang hari mulai diberikan bubur oatmeal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel