Cara Membuat Sarang Walet Palsu

Kecuali memutar suara rekaman dan memberikan pakan, walet pun bisa dipancing datang menggunakan cara lain. Antara lain memasang sarang tiruan (palsu) dengan tujuan walet segera bersarang kemudian berkembang-biak dalam rumah walet yang disediakan. Sarang palsu bisa difungsikan untuk mendatangkan walet atau untuk mengganti sarang walet yang asli. Bagaimana cara membuat sarang walet palsu?


Ada sejumlah fungsi dari pengaplikasian sarang walet palsu ini yaitu :

  1. Mempermudah walet muda yang produksi liurnya belum maksimal. Sarang palsu dimanfaatkan walet muda dengan melapisi tepian sarang dengan air liurnya.
  2. Sarang palsu bisa mengganti sarang lama yang tak bisa dipakai karena sebab tertentu. Adakalanya ditemukan walet yang kehilangan sarang yang artinya perlu sarang baru untuk tempat telur yang dihasilkan. Hilangnya sarang tersebut diakibatkan beberapa sebab seperti teknik panen rampasan atau terjatuh. Menggunakan sarang palsu ini, walet yang sudah saatnya bertelur bisa menggunakannya tanpa perlu merakitnya dari pertama.
Cara membuat sarang walet palsu ada beberapa bahan yang bisa digunakan mulai dari : kertas karton,  kain kertas, plastik maupun handuk. Kertas lebih sering dipakai sebab gampang dibentuk dengan harga yang cukup terjangkau. Cuma Rp.20 saja maka akan bisa membuat sekitar 400 buah sarang walet palsu. Kelebihan lain dari bahan kertas yaitu teksturnya yang lunak sehingga mempermudah walet saat mencengkeram dengan kukunya. Namun bahan kertas pun memiliki kekurangan yaitu rentan dengan kelembaban dan air yang akibatnya menjadi lunak dan robek. Cara membuat sarang walet palsu juga bisa menggunakan bahan dari plastik. Untuk yang ini dalam kondisi sudah jadi dengan harga sekitar Rp.35 ribu per satunya. Sarang walet palsu dari bahan plastik cukup tahan dengan kelembaban. Kecuali itu, sarang palsu ini pun bisa dipergunakan berkali-kali.

Sarang walet palsu dipasang dengan melekatkan ke papan sirip yang ada di rumah walet baik yang masih kosong ataupun yang telah mulai ditempati walet. Tujuan memasang sarang walet palsu ini yaitu untuk memancing walet-walet lain datang atau untuk mengganti sarang walet yang asli. Menggunakan sarang walet palsu maka dimaksudkan agar walet bisa bersarang dengan cepat lalu berkembang-biak di sarang palsu itu. Sarang walet palsu dilekatkan ke papan sirip memakai paku payung atau semacamnya dengan jarak 25 cm hingga 50 cm antar satu dengan lainnya.

Sarang walet palsu pun cukup berhasil sebagai pengganti sarang walet asli walet ketika telur menetas. Ketika telur walet menetas maka anakan walet dipindah dari sarang asli ke sarang palsu. Dengan begitu sarang walet asli akan terbebas dari kotoran yang dihasilkan anakan walet. Sarang burung walet dengan kondisi bersih memiliki harga jual yang lebih mahal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel