Cara Membuat Serundeng Kelapa Manis

Serundeng adalah salah satu menu pelengkap yang akan menambah kenikmatan sajian ketupat atau masakan yang lain. Menu hari raya kian meriah bila ada serundeng. Taburan kelapa parut garing dan sedap ini akan menjadikan sajian ketupat komplet kian lezat saat disantap. Cara membuat serundeng kelapa manis yang garing dan harum membutuhkan teknik dan kiat tersendiri.


- Memilih kelapa yang akan digunakan
Pilih kelapa yang mempunyai serat parutan panjang. Parutan kelapa bisa diatur panjang pendek serat yang dihasilkannya, tinggal minta kepada penjual agar hasil parutan panjang-panjang. Sementara jika ingin memarut sendiri, gunakan kelapa muda namun teksturnya sudah agak keras. Pertama, kelapa dikupas hingga kulit bagian luarnya hilang kemudian cuci dengan air untuk melarutkan lendir di bagian dalam. Selanjutnya ditiriskan. Kelapa kemudian diparut dengan alat parut dengan gerigi yang tajam ke arah atas bawah agar serat yang dihasilkan panjang.

- Teknik menyangrai parutan kelapa
Teknik cara membuat serundeng kelapa manis saat menyangrainya jangan dicampur dengan bumbu. Sebab jika dicampur biasanya tak rata. Prosedur menyangrai kelapa ini tak boleh menggunakan api besar tapi harus sedikit demi sedikit. Untuk tahap ini akan membutuhkan waktu kira-kira 1 jam. Hendaknya mengaduknya tak berhenti agar serundeng yang dihasilkan bisa berwarna kuning coklat merata. Jika kelewat panas segera dikecilkan apinya. Jangan sekalipun menggunakan api besar yang akan menyebabkan kelapa gampang gosong. Jika parutan kelapa telah kering dan renyah, bumbu baru dimasukkan.

- Menyiapkan bumbu
Untuk bumbunya adalah bawang putih, bawang merah, cabe, lengkuas, daun jeruk serta daun salam. Semua bumbu dihaluskan untuk kemudian dimasukkan ke kelapa yang disangrai tadi. Aduk-aduk agar bumbunya meresap.

- Menyimpan serundeng
Sesudah garing dan renyah, serundeng bisa diambil dari penggorengan dan kemudian dibiarkan hingga dingin. Sesudah betul-betul dingin, selanjutnya dimasukkan dalam wadah kedap udara untuk penyimpanannya. Serundeng akan bisa bertahan dalam waktu yang relatif lama jika memang saat memasukkan ke dalam wadah sudah benar-benar dingin dan tak ada uapnya lagi.

Berikut resep dan cara membuat serundeng kelapa manis :

Bahan-bahan yang diperlukan :

- Kelapa 1 butir
- Daun jeruk purut 2 helai dicuci bersih kemudian hilangkan tulang daunnya
- Daun salam 3 helai dicuci bersih
- Lengkuas 2 cm digeprak
- Gula merah secukupnya diserut
- Garam seperlunya
- Penyedap rasa seperlunya

Bahan-bahan bumbu halus :

- Kunyit 2 cm
- Ketumbar 1/2 sdt
- Bawang putih 2 siung
- Bawang merah 3 butir

Langkah cara membuat serundeng kelapa manis :

Kelapa dikupas kemudian diparut kasar memanjang dan tampung dalam wadah. Sangrai menggunakan api kecil hingga sedang sampai agak kering lalu masukkan bumbu dan aduk-aduk terus. Masukkan daun jeruk purut,  daun salam dan lengkuas dengan tetap diaduk-aduk hingga harum dan garing. Tambahkan serutan gula merah, garam dan penyedap rasa aduk-aduk hingga matang dan angkat. Serundeng kelapa manis siap dihidangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel