Cara Memasak Edamame yang Benar

Ketika bersantap di rumah makan khas Jepang, edamame rebus boleh jadi jadi salah satu menu favorit para pengunjung. Bahan makanan dengan sebutan lain kedelai Jepang ini mempunyai citarasa yang digemari banyak orang. Rasa edamame agak manis namun diberikan campuran sedikit garam sehingga terasa cukup gurih. Edamame kini jadi kudapan favorit bagi banyak orang termasuk masyarakat Indonesia.

Edamame

Tidak cuma sedap, edamame pun sarat dengan kandungan gizi. Bahan makanan yang masuk kategori makanan super (Super food)  ini tinggi kandungan vitamin A, vitamin C, protein serta serta. Edamame adalah pensuplai kebutuhan 9 macam asam amino esensial yang sangat penting untuk metabolisme tubuh. Bersama manfaatnya yang banyak itu, tentu sangat disarankan jika kita bisa menyantapnya dengan rutin. Oleh karena itu memasaknya sendiri di rumah akan lebih praktis. Nah, berikut cara memasak edamame yang benar sebagaimana yang disajikan di rumah makan Jepang.

Mula-mula, kita harus menyediakan bahan-bahannya yaitu sejumlah edamame segar atau edamame beku serta sedikit garam.  Cara memasak edamame lazimnya memang cuma direbus saja. Rebus air yang telah ditambahkan garam seperlunya sesuai jumlah edamame. Tak ditambahkan garam pun sebenarnya edamame rasanya sudah gurih. Begitu air mendidih, tuangkan edamame sampai terendam semuanya. Bila menggunakan edamame beku maka waktu merebus maksimal hanya 5 menit saja. Sementara edamame segar diperlukan waktu merebus hingga 6 menit. Adapun untuk edamame muda cukup direbus selama 3 menit. Kita harus melihatnya supaya tekstur edamame tak kelewat lembek. Setelah itu tiriskan dan siap dihidangkan. Kita boleh memberikan sedikit garam bila memang menginginkannya.

Jika Anda vegetarian atau vegan atau memutuskan ingin mengkonsumsi lebih banyak makanan berbasis tanaman, edamame bisa menjadi makanan pilihan. Edamame adalah kedelai yang tinggi protein dan rendah karbohidrat. Edamame bahkan memiliki kandungan protein yang mendekati lengkap, yang berarti mengandung sebagian besar asam amino esensial yang diperlukan agar tubuh Anda tetap sehat. Edamame juga merupakan sumber serat, asam lemak, kalsium, magnesium, dan isoflavon yang hanya ditemukan pada produk kedelai. Untuk 1 cangkir edamame yang dimasak hanya mengandung 100 kalori saja.

Edamame juga lebih dari sekadar camilan sehat. Edamame tradisional disajikan sebagai hidangan pembuka dalam budaya Jepang. Edamame paling sering ditaburi dengan garam yang sudah sangat lezat, tapi kita juga bisa mencoba bumbu-bumbu lainnya. Misalnya cobalah menambahkan cabe rawit atau bahkan jus lemon segar di atasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel