Cara Memasak Bekicot Agar Tidak Beracun

Kali ini Cara Memasak Chef akan membagikan cara memasak bekicot agar tidak beracun, Jika membayangkan hewan yang satu ini, langsung terbersit bahwa hewan dengan lendir ini adalah bahan baku pakan ternak. Namun mengapa masyarakat Perancis begitu doyan dengan menu bekicot. Malah negara ini mempunyai menu populer di seluruh dunia yang dinamakan Escargot.

Masyarakat Jepang pun sangat doyan daging bekicot. Memang bekicot memiliki daging yang sangat lezat dan gurih. Namun kita harus tahu cara memasak bekicot agar tidak beracun yang bisa  membahayakan kesehatan.

cara-memasak-bekicot-agar-tidak-beracun-berlendir-mengolah-bekicot-lezat-enak-digoreng-sate-rica-rica-escargot-membersihakan-bekicot

Daging bekicot pun kaya akan gizi penting terutama protein dimana dalam 100 gram mengandung 4,62 gram leusin, 4,35 gram lisin, 4,88 gram arginin, 5,98 gram asam aspartat, dan 8,16 gram asam glutamat. Daging bekicot pun memiliki khasiat obat untuk mengatasi nyeri haid, radang selaput mata, sakit gigi, gatal-gatal, jantung, sakit ginjal, anemia, TBC, kencing manis, susah BAB dan flu.

Setelah tahu kelezatan dan khasiat kesehatannya, kini kita pun harus tahu cara memasak bekicot mulai dari mengolahnya agar tidak beracun lalu mencucinya agar tidak berlendir sampai memasaknya agar tidak beracun. Proses penanganan bekicot tahap-tahapnya adalah sebagai berikut :

1. Membersihkan kotoran

Caranya yaitu dengan memasukkan bekicot hidup ke dalam wadah penampungan kurang lebih 2 hari. Tidak usah diberikan pakan namun hanya lakukan penyiraman tiap sore hari menggunakan air bersih. Proses ini dimaksudkan untuk merangsang keluarnya kotoran dan lendir sekaligus mengatasi aroma apek yang biasanya muncul.

2. Merendam

Setelah dibersihkan kotorannya, bekicot kemudian diambil dan dilakukan perendaman menggunakan air garam denga tambahan sedikit larutan cuka. Perendaman ini tak perlu lama namun hanya sekitar 10 menit saja sembari diaduk-aduk kemudian airnya dibuang. Proses merendam ini dilakukan sampai 4 kali atau sampai air rendaman bening.

3. Merebus

Bekicot yang sudah mengalami proses perendaman selanjutnya direbus dalam air mendidih kurang lebih 15 menit sembari dibolak-balik. Setelah itu angkat dan dinginkan.

4. Memisahkannya dari cangkang

Bekicot yang sudah mengalami perebusan awal kemudian dilakukan pemisahan dari cangkang. Kemudian juga membuang kotoran di dalamnya dan mengambil telurnya. Cukup dengan mencungkil dagingnya dari cangkang menggunakan alat cungkil. Sendirikan daging bekicot dengan telurnya.

Baca Juga : Mengkonsumsi Tutut Yang Enak

Telur bekicot bisa langsung dicuci untuk kemudian digoreng dan bisa dikonsumsi langsung. Sementara untuk daging masih ada proses lebih lanjut yang harus dilakukan. Daging tersebut kemudian dicuci hingga bersih menggunakan air mengalir.

5. Merendam kembali

Daging bekicot yang sudah dicuci kemudian dilakukan perendaman dalam air yang diberikan larutan cuka kurang lebih 15 menit lamanya. Sesudah itu ambil dan tiriskan.

6. Merebus kembali

Merebus kurang lebih 15 menit saja, lalu ambil dan cuci sekali lagi hingga bersih. Daging bekicot ini sudah bisa dipotong-potong untuk diolah sesuai resep yang dikehendaki. Perebusan ini mesti sempurna sebab lendir beracun harus benar-benar bersih. Perebusan ini pun akan membunuh telur cacing  dan bakteri patogen.

Nah setelah tahap demi tahapan diatas sudah dilakukan berikut salah satu tips cara memasak bekicot yang enak yaitu rica - rica bekicot.

Bahan-bahan Rica - rica Bekicot :
  • Setengah kg bekicot
  • 1 serai geprek
  • Setengah - 1 cm jahe geprek
  • Setengah cm lengkuas geprek
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Penyedap rasa
  • Kecap manis


Bumbu Rica - rica Bekicot Sederhana yang dihaluskan :
  • 2 buah Bawang putih
  • 4 buah Bawang merah
  • 7 Cabe rawit
  • 2 Cabe merah


Langkah Memasak Rica - rica Bekicot :

  1. Sebelum saya buat rica - rica bekicot yang sudah melalui tahap tahap diatas saya rebus dulu sebentar sama ulekan kunyit bawang putih dan kemiri.
  2. Tumis bumbu halus masukan jahe sere lengkuas.
  3. Setelah bumbu harum masukan bekicot, kecap, garam, penyedap rasa beri sedikit air aduk - aduk sampai tercampur semua.
  4. Cicipi rasa sesuai selera, jika dirasa sudah pas. 
  5. Masukan wadah dan hidangkan.

Nah itulah cara mengolah bekicot dari mencuci lendir hingga memasak agar tidak beracun, semoga bermanfaat ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel