Cara Membuat Whipped Cream Cair

Berbagai menu lezat diantaranya cheese cake, mousse dan minuman segar dan kopi akan makin sedap bila dinikmati beserta pelengkapnya berupa whipped cream. Memang ada banyak macam whipped cream yang dijual di pasaran baik dalam bentuk serbuk maupun cair. Namun produk tersebut cenderung bertekstur kasar dan lagi rasanya cukup tawar. Whipped cream cair biasanya lebih baik dibanding whipped cream bubuk.  Whipped cream bubuk mesti diencerkan dengan air yang bila tak pas takaran akan mengakibatkan tekstur yang dihasilkan tak begitu bagus.


Sebenarnya whipped cream ini mudah dibuat sendiri di rumah dengan bahan utama adalah susu cair. Berikut cara membuat whipped cream cair yang mudah dilakukan sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan seperti telah disebutkan sebelumnya yaitu hanya satu cangkir susu full cream dan gula pasir secukupnya. Langkah pertama yang mesti dilakukan yaitu menyediakan susu full cream yang mempunyai komposisi lemak kira-kira 30 %. Kemudian siapkan susu tadi dalam kondisi dingin sebelum mulai diolah. Berikutnya, tuangkan susu full cream itu ke mangkuk dan aduk-aduk kira-kira satu menit sampai terbentuk busa. Apabila buih sudah kelihatan banyak, aduk-aduk lagi bahannya selama dua hingga tiga menit sampai permukaannya terbentuk lapisan tebal. Sesudah itu masukkan gula pasir yang banyak sedikitnya mengikuti keinginan.

Proses berikutnya yaitu mencampurkan beberapa bahan tambahan agar bisa menciptakan sensasi rasa yang khas. Kita boleh melengkapinya dengan sirup vanilla klasik dan 1/2 sendok teh ekstrak vanilla. Atau bisa pula mencoba mencampurkan rasa lain antara lain cokelat serbuk, kayu manis, lemon atau fruit puree. Sesudah melengkapinya dengan aneka bahan pendukung, sekarang saatnya kita mengaduk-aduk adonan sampai membentuk tekstur lembut dan menggumpal. Lama pengadukan ini kira-kira 3-4 menit saja sudah cukup.

Sebelum whipped cream cair digunakan, hendaknya simpan terlebih dulu beberapa jam di kulkas. Sesudah itu whipped cream boleh digunakan untuk topping cake atau dinikmati begitu saja beserta irisan buah-buahan segar. Beberapa makanan dan minuman yang bisa ditambahkan whipped cream cair antara lain :

- Untuk pelengkap di minuman kopi atau juice alpukat yang akan menghasilkan citarasa yang tambah nikmat.
   
- Kocokan butter cream dapat ditambahkan sejumlah kecil whipped cream untuk memperkaya rasa.
   
- Tambahkan sedikit whipped cream ini ke cokelat cair yang akan dipakai untuk menyiram cake sehingga cokelat tak terlampau keras yang lalu pecah ketika diiris.
   
- Tuangkan whipped cream kental ke saus spaghetti sehingga bisa menciptakan rasa saus yang makin gurih.
   
- Panaskan whipped cream kental lalu tambahkan dark cooking cokelat yang telah dibuat potongan kecil-kecil. Aduk-aduk hingga cokelat meleleh. Selai cokelat lezat langsung bisa disantap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel