Cara Membuat Kremes Kriuk Tanpa Gagal

Gurihnya ayam berpadu dengan kremes kriuk dan pedasnya sambal memang tidak dapat dikatakan kelezatannya. Tak cuma ayam goreng, ikan goreng dan pisang goreng pun makin asyik saat disantap bersama kremes kriuk. Kremes kriuk sebagai pelengkap menu memang disukai banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bila selama ini kita cuma bisa membelinya saat ingin makan kremes kriuk, mengapa sesekali tak mencoba membuatnya sendiri?

Kremes Kriuk

Cara membuat kremes kriuk tak sulit dan ditanggung tak akan gagal jika sudah tahu triknya. Bahan-bahan yang digunakan pun tak terlalu banyak dan mudah diperoleh. Menu kremes kriuk buatan sendiri bisa disajikan untuk pelengkap santapan seluruh keluarga baik untuk lauk ayam goreng maupun ikan goreng.

Bahan-bahan yang diperlukan :

- Tepung sagu 125 gram
- Tepung beras 2 sendok makan
- Air 200 cc
- Santan 100 cc
- Bawang putih 2 siung dilumatkan
- Kuning telur 1 butir
- Garam seperlunya
- Baking powder double acting 1/2 sendok teh

Cara membuat kremes kriuk renyah :

Pertama-tama seluruh bahan kecuali baking powder dibuat adonan dan diaduk-aduk agar merata tercampur. Siapkan minyak goreng dalam wajan dan panaskan memakai api besar. Sembari minyak goreng panas, tambahkan baking powder ke dalam adonan dan aduk-aduk merata. Teknik menggoreng, ambil dan genggam adonan menggunakan telapak tangan kemudian dikucurkan mengintari minyak panas. Jarak tangan dengan minyak goreng kurang-lebih 30 cm dan untuk satu kali menggoreng sebanyak 4 kali kucuran adonan. Sebelum dikucurkan ke wajan adonan harus diaduk-aduk menggunakan tangan agar tak ada gumpalan.
   
Sesaat setelah mengucurkan adonan terakhir, kecilkan api kompor sedikit. Goreng beberapa saat sampai tekstur kremes terlihat agak kuat. Setelah itu menggunakan susruk atau spatula bawa ke tengah wajan sehingga adonan mengumpul lalu dilipat. Jika tekstur kremes sudah kuat maka segera angkat dari wajan kemudian ditiriskan. Gunakan tisu dapur untuk alas kremes yang baru saja diangkat dari wajan untuk mengurangi kadar minyaknya tunggu kremes mendingin, selanjutnya simpan dalam toples atau plastik kemasan dan tutup rapat sehingga kerenyahannya tetap terjaga.

Beberapa kiat dalam membuat kremes kriuk diantaranya adalah menggunakan tepung sagu. Kemudian juga penambahan sedikit baking powder yang dicampurkan ke adonan persis saat akan digoreng. Penambahan kuning telur juga berguna membuat tekstur kremes lebih lembut namun tetap renyah. Penggunaan santan akan membuat kremes lebih gurih sementara jika ingin warnanya kuning, bisa ditambahkan sedikit air kunyit. Dalam menggoreng, minyak yang digunakan harus betul-betul panas baru adonan dituangkan. Untuk itu api besar harus digunakan, kemudian setelah kremes membentuk sarang atau setengah matang baru api dikecilkan separuhnya.
   

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel