Cara Memasak Capcay Kuah Sederhana

Capcay adalah salah satu menu populer bagi masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. Kuliner yang datang dari China seakan menjadi masakan khas nusantara saking seringnya disajikan di berbagai acara dan kesempatan.

Menu capcay sebenarnya sederhana, sebagian besar berupa sayur-mayur dan juga kuah segar. Maka itu wajar bila sajian yang satu ini menawarkan nutrisi menyehatkan yang cukup tinggi. Cara memasak capcay kuah sederhana berikut ini mungkin bisa dicoba sendiri di rumah untuk sajian seluruh anggota keluarga.

Kecuali sayur-mayur sebagai bahan utamanya, capcay pun dilengkapi dengan daging ayam, bakso atau seafood sehingga membuatnya makin nikmat ketika dilahap. Selain capcay kuah, varian lain menu ini adalah capcay kering. Namun bagi kebanyakan orang, capcay kuah dianggap menawarkan rasa yang lebih sedap dibanding capcay goreng. Hal tersebut boleh jadi dikarenakan kuah kaldu yang memang gurih dan menyegarkan. Nah bagi yang tertarik ingin mencoba membuatnya, simak cara memasak capcay kuah sederhana berikut ini.

Aneka bahan yang diperlukan :

- Paha ayam tanpa tulang 1 potong dirajang dadu
- Bakso sapi 10 butir diiris menjadi 2
- Wortel 100 gram dirajang miring
- Kembang kol 150 gram dibuang bagian yang layu
- Jamur merang 100 gram dirajang menjadi 2 bagian
- Kol 75 gram dirajang-rajang
- Caisim 10 potong dirajang-rajang
- Sawi putih 200 gram dirajang-rajang
- Bawang putih 3 siung digeprak
- Daun bawang 2 helai dirajang serong
- Bawang bombay 1 buah dipotong memanjang
- Saus tiram 1 1/2 sendok makan
- Kecap ikan 1/2 sendok makan
- Kecap asin 1/2 sendok makan
- Saus tomat 1/2 sendok makan
- Garam 1/2 sendok makan
- Merica halus 1/2 sendok teh
- Gula pasir 1 sendok teh
- Kaldu ayam 1,2 liter
- Minyak wijen 1 sendok teh
- Minyak goreng 2 sendok makan untuk menumis

Cara memasak capcay kuah sederhana :

Pertama sekali minyak goreng dipanaskan, lalu bawang putih dan bawang bombay ditumis hingga wangi. Lanjut dengan memasukkan irisan daging ayam, aduk-aduk hingga warnanya berubah. Masukkan wortel,  bakso, kembang kol, serta jamur merang, kemudian aduk-aduk merata. Tambahkan caisim, kol maupun sawi putih dengan tetap diaduk-aduk pelan. Masukkan kecap ikan, saus tiram, saus tomat, merica halus, garam dan gula pasir lalu aduk-aduk merata. Selanjutnya masukkan kaldu ayam. Panaskan hingga kuah mendidih. Tuangkan minyak wijen dan aduk-aduk beberapa saat sebelum diangkat dan dihidangkan dalam kondisi panas.

Kendati menu capcay kuah ini terlihat sederhana saja, akan tetapi kandungan gizinya sangatlah lengkap. Selain segar dan lezat capcay kuah ini pun menyehatkan. Bisa dinikmati begitu saja atau disantap dengan nasi hangat. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel