Cara Memasak Pare Biar Tidak Pahit

Pare boleh jadi akan membuat kening sebagian orang mengernyit sebab sudah terbayang rasa pahit yang ditimbulkan saat memakannya. Akan tetapi ketahuilah bahwa buah dengan permukaan benjol-benjol ini ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan manusia. Pare atau paria dari hasil penelitian memiliki kemampuan mengobati bermacam penyakit diantaranya malaria, penyakit kuning, pembersih darah, mematikan sel-sel kanker dan  memperlancar pencernaan. Bila ingin mengkonsumsinya, adakah cara memasak pare biar tidak pahit?

Memasak Pare

Untuk yang gemar buah pare sekaligus pandai memasaknya, menu lezat bisa tersaji yang akan membuat ketagihan. Tak akan ada lagi rasa pahit, namun nafsu makan malah akan bertambah. Ada beberapa cara memasak pare biar tidak pahit atau setidaknya jauh berkurang rasa pahitnya. Untuk menghilangkannya sama sekali tentu tak bisa sebab ciri khas buah yang satu ini memang citarasa pahit. Berikut beberapa cara memasak pare biar tidak pahit.

1. Tambahkan garam

Caranya, potong buahnya jadi dua bagian kemudian singkirkan bijinya dan juga lapisan putih di bagian dalam. Selanjutnya rajang tipis-tipis dan bubuhi garam halus. Berikutnya remas-remas hingga teksturnya lembek. Biarkan selama 15 menit untuk kemudian dicuci di bawah air kran. Kini buah pare bisa dimasak dengan resep apa saja. Boleh pula merebus pare sampai lunak dalam air yang dibubuhkan garam. Selanjutnya tiriskan dan pare siap diolah.

2. Tambahkan gula pasir

Bukan hanya garam, gula pasir pun bisa digunakan untuk teknik yang sama. Meremas-remas buah pare yang sebelumnya dibubuhkan gula pasir bertujuan supaya cairan pahitnya akan keluar.

3. Tambahkan daun jambu biji

Cara memasak pare biar tidak pahit lainnya, dalam hal ini buah pare direbus bersama daun jambu biji. Sebelumnya daun jambu biji harus diremas-remas dahulu. Masukkan pare internal air mendidih untuk 5 menit saja, dan untuk 500 gram pare bisa ditambahkan 10 helai daun jambu biji.

4. Tambahkan bumbu-bumbu

Memasak pare menggunakan berbagai bumbu akan menghasilkan sajian yang benar-benar sedap. Contohnya saja bumbu kacang, bawang bombay dengan ikan teri, atau udang segar.

Resep Tumis Pare Teri

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • Buah pare 250 gram
  • Bawang bombay 1 buah diiris tipis
  • Bawang merah 2 siung dirajang lembut
  • Bawang putih 1 siung dirajang lembut
  • Ikan teri 100 gram dicuci bersih
  • Minyak goreng 2 sendok makan
  • Cabai rawit 5 buah bila ingin pedas
  • Daun salam 1 helai
  • Daun serai 1 helai
  • Daun jeruk 1 helai
  • Gula pasir seperlunya
  • Garam seperlunya


Cara pengolahan resep :

Bagi buah pare jadi dua lalu hilangkan biji dan selaput putih. Rajang tipis kemudian bubuhi garam halus serta remas-remas hingga teksturnya lemas. Biarkan 15 menit, selanjutnya cuci di bawah air kran. Minyak goreng dipanaskan untuk menumis bawang bombay, bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian masukkan daun salam, daun jeruk dan serai. Aduk-aduk sebentar. Tambahkan rajangan pare dan ikan teri aduk-aduk merata.  Masukkan sedikit garam dan gula pasir, aduk-aduk dan kemudian angkat untuk dihidangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel