Cara Membuat Tahu Krispi Renyah

Tahu adalah salah satu bahan makanan yang gampang dimasak menjadi beragam hidangan lezat. Tidak cuma untuk menu yang yummy, tahu pun dapat dikreasikan menjadi cemilan penerbit air liur. Tahu krsipi adalah salah satunya. Dilahap saat masih hangat, dengan pelengkap cabe rawit segar pedas atau saus sambal pastinya begitu nikmat. Penasaran bagaimana cara membuat tahu krispi renyah untuk sajian seluruh anggota keluarga? Berikut rahasia resep tahu krispi renyah.


1. Tahu Krispi Renyah

Bahan-bahan yang diperlukan :

- Tahu putih 1 kotak besar dikukus kemudian rajang kotak menurut selera
- Tepung terigu 250 gram
- Kaldu ayam halus seperlunya
- Baking powder 2 sdt
- Minyak goreng untuk menggoreng
- Telur 1 butir dikocok lepas dan tuang di mangkok

Bumbu-bumbu :

- Kaldu ayam halus seperlunya
- Ketumbar halus 1 sdt
- Bawang putih 2 siung dilembutkan
- Garam seperlunya
- Air seperlunya

Cara membuat tahu krispi renyah :

Pertama, potongan tahu dimasukkan dalam bumbu lalu biarkan kurang lebih 10 menit sehingga bumbu terserap. Buat adonan tepung terigu, kaldu ayam halus dan baking powder. Lanjut dengan mencelupkan tahu ke kocokan telur kemudian gulingkan ke adonan tepung terigu sampai permukaan luar tahu terselimuti seluruhnya. Siapkan wajan dengan minyak goreng, kemudian goreng tahu sampai warna kuning kecoklatan. Angkat setelah garing dan tahu krispi siap disajikan untuk dinikmati.

2. Tahu Bulat Renyah

Tahu bulat bisa dikatakan fenomena kuliner yang sangat populer beberapa saat lalu. Nyaris di tiap daerah dijumpai penjual tahu bulat goreng dengan teriakannya dari rekaman suara "Tahu bulat, digoreng, dadakan anget-anget...". Tahu bulat memang sangat lezat dinikmati ketika masih panas dengan cabe rawit pedas atau bumbu tabur pedas. Ternyata cara membuat tahu bulat goreng ini sangat mudah dan bisa dibuat sendiri di rumah.

Namun mengolah tahu bulat krispi dengan bagian dalam kopong ketika digoreng tak setiap orang tahu rahasianya. Umumnya tahu bulat kempes atau malah tak kopong di dalamnya. Berikut rahasia tahu bulat supaya krispi dan berongga ketika digoreng. Pertama, pilih tahu putih berkualitas bagus yang memiliki tekstur lembut dan hindari memilih tahu kuning. Kandungan air yang ada dalam tahu diperas sampai kering agar pori-pori dapat mengembang dan berongga di bagian dalam. Gunakan serbet untuk memerasnya.
   
Tambahkan baking powder supaya adonan tahu dapat mengembang dengan sempurna. Adonan kemudian dimasukkan dalam lemari es namun jangan ditempatkan di ruang pembeku (freezer). Wajan yang dipakai hendaknya berukuran besar sehingga bisa menggoreng tahu dalam jumlah banyak untuk sekali goreng. Gunakan minyak goreng baru lalu api kompor disetel kecil saja sehingga tahu bulat bisa matang merata dan tak hangus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel