Cara Masak Tauco Ikan Bawal Sedap

Tak cuma dimasak dengan dibakar, ikan pun nikmat saat disajikan dengan digoreng. Beraneka macam bumbu bisa dicoba dicampurkan. Termasuk bumbu tauco yang sedap. Cara masak tauco ikan  pun termasuk mudah, hanya dengan menggoreng ikannya, kemudian ditumis bersama bumbu-bumbu yang sudah disiapkan. Sudah itu saja, menu tauco ikan siap dinikmati.


Untuk menu ikan tauco ini menggunakan jenis ikan Bawal yang  terkenal memiliki tekstur daging yang lembut dan sangat sedap saat digoreng. Untuk yang belum tahu apa itu tauco, bumbu makanan yang satu ini dibuat dari kedelai yang sudah direbus lalu ditumbuk halus kemudian ditambahkan tepung terigu. Selanjutnya didiamkan hingga adonan mengalami fermentasi dengan tumbuhnya jamur tertentu.

Fermentasi tauco yaitu dengan merendam dalam air garam, selanjutnya dikeringkan di bawah sinar matahari hingga beberapa minggu yang nantinya akan tercium aroma  khas tauco dimana rendaman berubah warnanya menadi coklat agak merah. Tauco bisa tahan hingga bertahun-tahun dan tak akan basi sepanjang penyimpanannya tak terciprat air atau terkontaminasi bahan organik lain.

Aneka bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

- Ikan bawal segar 4 ekor
- Asam jawa 1 sendok makan diencerkan dalam 50 cc air
- Minyak goreng untuk menggoreng dan menumis
- Bawang putih 5 siung dirajang lembut
- Bawang merah 8 siung dirajang lembut
- Cabe rawit merah 8 buah dirajang melintang
- Kecap manis 5 sendok makan
- Tauco 4 sendok makan
- Garam seperlunya
- Gula pasir 1 sendok makan
- Air 250 cc

Cara masak tauco ikan :

Pertama-tama ikan Bawal dibersihkan seperti biasanya, kemudian baluri cairan asam jawa. Biarkan beberapa saat saja, untuk kemudian dibilas. Siapkan wajan dengan minyak goreng untuk menggoreng ikan hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan ditiriskan. Lanjut dengan memanaskan 2 sdm minyak goreng untuk menumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan irisan cabe rawit, kecap manis, tauco, garam serta gula pasir. Masukkan air dan panaskan sampai mendidih. Masukkan ikan lalu dibolak-balik sebentar sehingga bumbu tauco meresap ke dalam daging ikan. Angkat dari wajan dan siap disajikan untuk dinikmati sebagai lauk nasi hangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel