Cara Memasak Daun Pepaya Supaya Tidak Pahit

Kendati daun pepaya dan juga bunganya diketahui mempunyai rasa pahit, namun menggunakan resep dan bumbu yang tepat bisa menjadikannya sebuah olahan yang super lezat serta menggugah selera. Hidangan daun dan bunga pepaya yang terkenal berasal dari Manado Sulawesi Utara. Banyak pula dijumpai di beberapa daerah lain seperti di Jawa dan NTT. Kombinasi rasa pahit, segar dan nikmat membuatnya sangat sering dijadikan menu sehari-hari. Untuk yang belum tahu, bagaimana cara memasak daun pepaya supaya tidak pahit?


Sebetulnya berbagai cara bisa dilakukan untuk menurunkan citarasa pahit daun pepaya dan juga bunganya. Bila di masa lalu sering digunakan tanah liat dengan cara direbus bersama daun pepaya namun kini sudah diketahui cara-cara lain. Berikut cara memasak daun pepaya supaya tidak pahit dengan tips sederhana :

1. Gunakan garam

Kiatnya cukup mudah, kita hanya perlu meremas-remas daun pepaya bersama sedikit garam. Selanjutnya biarkan kurang lebih 10 menit untuk kemudian dibilas dengan air bersih. Pastikan tak ada getah yang masih menempel.
   
2. Gunakan daun jambu biji

Mula-mula rebus daun pepaya dalam air lalu tambahkan 6 helai daun jambu biji. Daun jambu biji berguna menyerap rasa pahit dari daun pepaya. Teknik tersebut cukup efektif dalam meminimalisir rasa pahit yang terasa saat dimakan.

3. Gunakan asam jawa

Sama dengan cara pertama, daun pepaya diremas-remas bersama garam, selanjutnya tunggu dalam 10 menit baru dibilas dengan air bersih. Langkah selanjutnya, rebus daun pepaya tersebut dengan air asam jawa. Bila masih terasa pahit, kita bisa menambahkan konsentrasi air asam jawanya.

4. Gunakan daun singkong

Prosesnya cukup simpel, cuci bersih daun pepaya dan juga beberapa lembar daun singkong. Kemudian rebus keduanya dengan air secukupnya hingga mendidih. Cara ini diharapkan mampu menghilangkan atau mengurangi banyak rasa pahit daun pepaya.


Jangan sampai rasa pahit menyurutkan keinginan kita untuk menikmati masakan lezat ini. Sesudah paham cara memasak daun pepaya supaya tidak pahit kini saatnya mulai mengolahnya. Resep masakan daun pepaya berikut ini bisa dicoba sendiri di rumah, buntil daun pepaya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

- Daun pepaya yang telah direbus sesuai keinginan
- Kelapa 400 gram diparut kasar
- Ikan teri goreng 70 gram
- Mlanding sesuai keinginan

Bumbu-bumbu halus sebagai isi :

- Bawang putih 3 siung
- Bawang merah 4 siung
- Kencur 1 ruas jari
- Daun jeruk 1 helai dihilangkan tulangnya
- Cabe merah 4 buah
- Terasi 1/4 sdt dibakar
- Gula merah 1 sdt
- Garam sedikit
- Gula pasir sedikit
   
Bumbu-bumbu untuk kuah :

- Santan kelapa 700cc
- Daun salam 2 helai
- Lengkuas 2 cm dimemarkan
- Minyak goreng 3 sdm untuk menumis
- Cabe rawit merah 8 buah
- Garam sedikit
- Gula pasir sedikit

Bumbu-bumbu dihaluskan untuk kuah :
   
- Bawang merah 5 siung
- Bawang putih 3 siung
- Cabe merah keriting 3 buah
- Kunyit 1 ruas jari

Proses mengolah :

Campurkan bumbu halus beserta kelapa parut. Selanjutnya tambahkan teri goreng. Siapkan daun pepaya yang sudah direbus, tempatkan kelapa teri berbumbu di bagian tengah. Gulung kemudian ikat menggunakan tali. Bumbu halus untuk kuah ditumis bersama lengkuas dan daun. Tambahkan santan lalu aduk-aduk supaya tak pecah. Tambahkan sedikit garam dan gula pasir serta cabe rawit merah utuh. Panaskan hingga mendidih, lalu buntil dimasukkan dalam kuah. Panaskan hingga santan berkurang. Buntil siap dihidangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel