Cara Memasak Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit

Di samping daunnya, bagian bunga pepaya pun bisa dijadikan masakan yang sangat lezat. Bunga pepaya serupa dengan bagian daun dengan ciri khas rasanya yang pahit. Untuk sebagian orang, sensasi rasa pahit tersebut malah bisa membuat ketagihan namun sebagian orang tidak menghendaki rasa pahit berlebihan. Bilamana Anda salah satu dari yang enggan dengan menu rasa pahit, berikut cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit atau paling tidak mengurangi.


1. Tambahkan daun singkong
Cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit yang pertama yaitu dengan merebusnya bersama daun singkong. Sebelum dibuat menu, bunga pepaya direbus beserta daun singkong lalu ditiriskan. Setelah itu silahkan mengolahnya dengan resep favorit.

2. Tambahkan garam dan asam jawa
Ini cara paling mudah untuk menurunkan tingkat pahit dari bunga pepaya. Langkahnya mudah, pertama remas-remas bunga pepaya bersama sedikit garam sampai layu. Kemudian direbus dengan ditambahkan air asam jawa. Banyak sedikitnya asam jawa mengikuti banyaknya bunga pepaya yang hendak dimasak.

3. Tambahkan ikan teri
Alternatif lain cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit dapat disiasati dengan mencampurkan berbagai bahan yang mempunyai rasa kuat. Contohnya saja ikan teri bila ingin memasak tumisan bunga pepaya. Asin dan gurihnya ikan teri mampu meminimalisir pahitnya bunga pepaya. Apabila teksturnya ingin lebih sedap, goreng ikan teri sampai garing kemudian baru ditambahkan ke tumisan bunga pepaya.

Resep tumis bunga pepaya ikan teri

Bahan-bahan yang perlu disiapkan :

- Bunga pepaya segar 75 gram disiangi
- Daun pepaya muda 2 helai dirajang dengan ukuran menurut selera
- Ikan teri 20 gram atau menurut keinginan
- Lengkuas 5 cm digeprak
- Minyak goreng untuk menumis

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan :

- Bawang merah 7 siung dirajang lembut
- Bawang putih 5 siung dirajang lembut
- Cabe rawit 7 buah dirajang miring
- Cabe merah besar 2 buah dirajang miring
- Air asam jawa 1 sdm
- Daun jeruk 2 helai
- Kaldu ayam serbuk sesuai kebutuhan
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya

Cara mengolah :

Bunga pepaya dan daun pepaya dicuci bersih. Rebus keduanya dalam air mendidih dengan menambahkan air asam jawa dan garam hingga layu dan empuk lalu angkat. Air yang terkandung dalam bunga pepaya dan daun pepaya diperas, lalu disisihkan. Lanjut dengan menumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi kemudian masukkan cabe rawit dan cabe merah besar. Tambahkan ikan teri, lengkuas, gula, garam serta daun jeruk. Aduk-aduk merata supaya bumbu meresap. Sesudah itu tambahkan bunga dan daun pepaya sembari diaduk-aduk. Masukkan sedikit kaldu ayam serbuk untuk rasa yang lebih gurih. Supaya bumbu bisa meresap, tuangkan sedikit air kemudian rebus lagi sebentar. Menu tumis bunga pepaya siap dihidangkan dan dinikmati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel