Cara Membuat Telur Pitan

Ketika menemui telur berkulit hitam legam dengan bagian dalam pun sama hitamnya tentu kita menganggap jika telur itu busuk dan tidak layak dimakan. Ternyata, bagi masyarakat China dan Jepang telur ini dimakan dan menjadi hidangan yang sangat lezat. Telur pitan pun kabarnya memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Cara membuat telur pitan serupa dengan membuat telur asin.


Telur pitan merupakan produk makanan yang dibuat dari mengawetkan telur bebek. Apabila telur asin memakai tanah liat atau abu gosok  beserta garam maka cara membuat telur pitan memanfaatkan sekam atau kulit padi ditambah soda. Telur pitan yang julukan lainnya adalah telur seribu tahun populer dalam masyarakat Tionghoa atau Hongkong. Lazimnya dihidangkan untuk pendukung menu bubur maupun salad. Cara membuat telur pitan membutuhkan waktu yang tak sebentar. Hal ini karena ada proses penyimpanan selama 4 bulan lebih sebelum bisa dikonsumsi. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buat adonan dari 2,5 kg tumbukan halus bata merah atau tanah liat kering, 400 gr garam kasar, 125 gr daun teh kering, 100 gr abu kayu atau arang ditambah 400 gr kapur sirih. Tambahkan air sedikit demi sedikit sembari diuleni menggunakan tangan agar menjadi adonan yang bisa dibentuk. Biarkan adonan itu semalaman.
  2. Selanjutnya siapkan 20 butir telur bebek, cuci hingga bersih lalu dikeringkan kulitnya.
  3. Selimuti tiap butir telur tadi menggunakan adonan yang tadi dibuat dengan ketebalan kira-kira 1 cm. Gulingkan ke sekam padi sampai seluruh permukaan tertutup merata.
  4. Letakkan telur tadi di wadah kayu,  tempayan tanah liat atau wadah porselen. Tutup rapat dan simpan di suhu ruangan kurang lebih antara 50-100 hari agar dihasilkan telur pitan yang lezat.
Lewat proses tersebut warna telur bebek yang digunakan akan berubah. Kuning telur akan berubah jadi abu-abu bertekstur creamy dengan bau khas sulphur dan amonia. Sedangkan putih telurnya akan berubah menjadi warna cokelat gelap agak bening dan citarasanya agak asin. Khasiat telur pitan, kabarnya bisa menetralkan kadar asam di tubuh, dengan begitu akan menyeimbangkan kadar asam dan basa tubuh.

Baca Juga : Cara Membuat Es Cream Tradisional

Di negara China umumnya telur pitan dimakan bersama tahu dingin, sementara masyarakat Taiwan menyajikannya dengan cara dirajang-rajang di atas tahu dingin, katsuobushi, shoyu serta tambahan minyak wijen. Akan tetapi paling populer telur pitan dihidangkan dengan bubur atau salad dingin. Tertarik untuk membuat dan mencobanya?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel