Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau dan Empuk

Para pecinta kuliner tentu akrab dengan hidangan yang satu ini, jengkol memang memiliki citarasa lezat. Buah ini kebanyakan diolah menjadi rendang atau semur. Disayangkan sebagian orang tak suka dengan bau jengkol yang menyengat. Aroma khas jengkol memang susah dihilangkan. Bila keliru memasaknya maka bau akan menempel di mulut begitu pula ketika mengolahnya. Tak perlu risau, cara memasak jengkol agar tidak bau dan empuk berikut ini bisa diterapkan.


Cara memasak jengkol agar tidak bau dan empuk yang harus disediakan yaitu air bekas cucian beras. Jengkol dicuci bersih lalu dibelah setiap kepingnya menjadi dua. Kemudian jengkol direndam dalam air bekas cucian beras kurang lebih 24 jam. Setelah itu air rendaman dibuang dan diganti air cucian beras yang baru, direndam kembali seharian sehingga lama perendaman totalnya 2 x 24 jam. Tiriskan kemudian masak jengkol bersama air bersih hingga mendidih kira-kira 10 menit. Merebusnya diulang hingga 3 kali. Sesudahnya diangkat dan ditiriskan. Pipihkan dengan dipukul menggunakan ulekan. Jengkol sudah dapat dimasak dengan resep favorit.

Jengkol dapat dimasak jadi bermacam macam menu diantaranya jengkol balado, rendang jengkol, semur jengkol dan masih banyak lagi. Berikut beberapa resep yang bisa dicoba :

1. Rendang Jengkol

Tidak usah bersusah-payah mencari resep rendang jengkol sebab bumbu-bumbu yang diperlukan sama persis dengan menu rendang daging. Pertama, lumatkan cabe merah, bawang merah, bawang putih serta jahe. Selanjutnya rendam jengkol dalam bumbu yang sudah dilumatkan. Berikutnya tuangkan santan lalu rebus sampai tekstur jengkol lunak.

2. Jengkol Balado

Bahan apa saja bila dimasak dengan bumbu balado tentu akan lezat. Tak terkecuali jengkol ini yang akan memberikan citarasa pedas gurih nan nikmat.
Langkah memasaknya pun simpel. Pertama, lumatkan bumbu-bumbu antara lain cabe merah, bawang putih, bawang merah ditambah tomat. Kemudian ditumis hingga harum baru jengkol dimasukkan. Tambahkan sedikit garam dan gula agar rasa gurihnya makin terasa. Rebus beberapa saat hingga jengkol lunak.

3. Semur Jengkol

Menu yang satu ini merupakan masakan jengkol paling populer. Untuk teman menyantap nasi uduk, menu semur jengkol banyak disukai kebanyakan masyarakat. Tak usah membelinya di warteg, kita pun dapat memasaknya sendiri di rumah. Pertama, masak jengkol yang sebelumnya telah direbus bersama bumbu-bumbu halus. Bumbu-bumbunya terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, cabe merah, merica serta ketumbar. Tambahkan kecap manis seperlunya kemudian masukkan daun salam dan lengkuas dengan tujuan meningkatkan aroma dan citarasa menu ini.

4. Tumis Jengkol Saus Tiram

Bila bosan dengan menu jengkol yang sama terus, kita boleh mencoba memasaknya dalam bentuk tumisan sedap. Rahasianya terdapat dalam saus tiram sehingga menghasilkan citarasa dan aroma jengkol yang berbeda. Tumis jengkol yang telah direndam dengan bumbu-bumbu diantaranya bawang putih, bawang merah dan cabe merah. Tambahkan kecap ikan ditambah saus tiram sesaat sebelum diangkat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel