Cara Memasak Tutut yang Benar

Tutut merupakan spesies siput air yang dijumpai di perairan tawar di daerah tropis antara lain sawah, danau atau parit. Hewan ini memiliki cangkang luar dan populer juga dengan sebutan siput sawah, keong gondang, keong sawah atau siput air. Tutut cukup bermanfaat untuk tubuh manusia sebab melimpah akan kandungan zat gizi terutama protein dan mineral. Tak perlu khawatir memakan tutut sebab selain lezat, kebutuhan gizi tubuh pun akan terpenuhi.


Sekarang ini tak banyak lagi dijumpai tutut di habitatnya. Hal ini kecuali disebabkan oleh lingkungan sawah yang tercemar, hewan yang satu ini pun mengenal musim yang hanya muncul di bulan-bulan tertentu saja. Namun bila kebetulan menjumpai tutut ini dijual di pasar-pasar tradisional, resep lezat berikut ini boleh dicoba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

- Tutut 1/2 kg
- Bawang putih 3 siung
- Bawang merah 3 siung
- Kemiri 1 buah
- Cabe rawit utuh 8 buah
- Kunyit 2 cm
- Serai digeprak 1 tangkai
- Daun salam 2 helai
- Lengkuas digeprak 1 ruas jari
- Santan cair 200 cc
- Gula pasir seperlunya
- Garam seperlunya
- Air seperlunya

Cara memasak :

Cara memasak tutut yang benar, pertama sekali bersihkan dengan menggosok cangkang tutut supaya lumut dan kotoran yang melekat hilang. Pukul ujung cangkang hingga patah satu per satu tutut tersebut dengan tujuan memudahkan pengeluaran dagingnya sesudah matang. Berikutnya bawang putih, bawang merah, kunyit, dan kemiri dihaluskan. Siapkan wajan untuk menumis bumbu halus tadi sampai harum dengan menambahkan daun serai, daun salam, lengkuas dan cabe rawit utuh. Masukkan 200 cc air lalu tutu ke wajan yang berisi tumisan bumbu. Aduk-aduk hingga merata dan tunggu sampai mendidih. Masukkan gula dan garam seperlunya. Tuangkan santan kemudian aduk-aduk kembali sampai matang dimana kuahnya banyak berkurang. Tes rasa agar sesuai dengan selera. Angkat dan hidangkan selagi hangat. Cara menikmatinya akan lebih asyik bila keong diseruput untuk kemudian diambil dagingnya menggunakan tusuk gigi. Silahkan dicoba sendiri di rumah.

Resep Tutut asam pedas :

Bahan-bahan :

- Daging tutut dengan cangkang dibuang
- Bawang merah 10 siung
- Cabe rawit menurut selera
- Cabe keriting 50 gram
- Kunyit 1 ruas jari
- Belimbing wuluh 10 buah
- Daun serai 4 batang dimemarkan
- Daun jeruk 6 helai
- Garam, gula dan penyedap rasa seperlunya
- Air seperlunya
- Minyak goreng untuk menumis

Proses pengolahan :

Daging Tutut direbus hingga lunak lalu dirajang-rajang. Bawang merah, cabe rawit, cabe keriting dan kunyit dihaluskan kemudian ditumis di atas wajan. Tambahkan daun serai dan daun jeruk. Tuangkan air sesuai kebutuhan kemudian masukkan belimbing wuluh, daging tutut dan masak hingga mendidih. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa sesuai keperluan. Setelah mendidih, angkat dari kompor dan hidangkan beserta nasi hangat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel