Cara Membuat BBQ Sauce Mudah dan Lezat

BBQ sauce menjadi bahan yang mesti ada saat pesta perayaan tahun baru. Bila selama ini kita selalu membelinya, kali ini coba membuatnya sendiri di rumah. Menu daging ayam, daging iga sapi maupun seafood paling pas bila ditambahkan saus BBQ. Kombinasi citarasa asam manis senantiasa digemari banyak orang. Cara membuat BBQ sauce ternyata pun tak sulit sebab dapat menggunakan bahan apa saja.

Apabila mengatakan BBQ sauce maka yang menjadi ciri khasnya adalah ras asam, manis dan gurih. Saus BBQ bisa diracik dengan bahan-bahan berupa saus tomat, saus tiram, kecap Inggris, madu atau gula, garam, merica serta air sari jeruk nipis. BBQ sauce instan umumnya diberikan juga mustard sebagai penyumbang rasa asam. Selanjutnya saus dimasak sebentar agar teksturnya sedikit mengental. Saus BBQ bisa dinikmati sebagai cocolan atau menyiram daging. Setelah saus BBQ siap, kita dapat memasak menu-menu panggangan misalnya iga sapi, BBQ sosis, steak ataupun chicken wings.

Seperti disebutkan sebelumnya, bahan-bahan untuk BBQ sauce bisa bermacam-macam. Selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa alternatif bahan-bahan lain yang juga bisa digunakan. Berikut beberapa cara membuat BBQ sauce beserta bahan-bahan yang digunakan :

1. Saus BBQ ala Chef Bara

Bahan-bahan yang perlu disediakan :

- Bawang bombay 1/2 siung dirajang lembut
- Bawang putih 3 siung dirajang lembut
- Paprika merah 1 buah dirajang tipis
- Gula palem 80 gram
- Kecap inggris 6 sendok makan
- Saus tomat 8 sendok makan
- Cuka masak 3 sendok makan
- Garam seperlunya
- Lada halus 1/2 sendok teh
- Minyak goreng 3 sendok makan

Cara membuat BBQ sauce ala Chef Bara

Pertama sekali minyak goreng dipanaskan untuk menumis rajangan bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Tambahkan rajangan paprika, kemudian diaduk-aduk hingga layu. Tambahkan kecap inggris, gula palem, saus tomat, garam, cuka, serta lada halus kemudian diaduk-aduk. Coba untuk memastikan kemantapan rasa yang diinginkan. Panaskan hingga mendidih baru kemudian di angkat dari kompor. Berikutnya BBQ sauce tadi diblender hingga lembut. BBQ sauce sudah dapat ditambahkan ke berbagai masakan.

2. BBQ Sauce Pedas :

Bahan-bahan yang diperlukan :

- Bawang bombay ukuran besar 2 isung dirajang lembut
- Cabe segar 2 buah dirajang lembut
- Bawang putih 3 siung digeprak
- Mustard kering 1 sendok teh
- Garam 1 sendok teh
- Lada halus 2 sendok teh
- Brown sugar 1 sendok makan
- Saus tomat 250 cc
- Minyak zaitun 125 cc
- Air perasan jeruk lemon 90 cc
- Cuka tarragon 2 sendok makan
- Saus Tabasco 1 sendok makan
- Saus sambal 2 sendok makan
- Air matang 125 cc

Cara membuat BBQ Sauce Pedas :

Masukkan bahan-bahannya selain cabai ke panci besar lalu panaskan hingga mendidih. Masukkan cabe. Api kompor dikecilkan dan tetap dipanaskan kurang lebih 15 menit. Angkat dan masukkan dalam botol bersih lalu simpan dalam kulkas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel