Cara Memasak Kulit Melinjo menjadi Keripik dan Tumisan

Membahas tentang melinjo, kebanyakan orang boleh jadi sudah mengenalnya untuk bahan utama emping yang mempunyai rasa khas agak pahit. Sebagian orang pantang makan melinjo sebab khawatir asam uratnya melonjak. Meskipun biji melinjo dari hasil penelitian ternyata memiliki kandungan senyawa antioksidan serta senyawa yang dapat memperkuat stamina tubuh. Efek antioksidan biji melinjo ternyata sebanding dengan vitamin C.


Kemudian kadar protein di dalamnya pun sangat ampuh untuk membersihkan radikal bebas sebagai pemicu bermacam macam penyakit misalnya tekanan darah tinggi, penyempitan pembuluh darah, kolesterol tinggi dan penuaan dini. Agar memperoleh manfaatnya, melinjo ini bisa dikonsumsi langsung setelah sebelumnya direbus atau digunakan untuk pelengkap menu sayur. Memanfaatkan melinjo pun tak sebatas pada bijinya, kulit luarnya yang lunak pun bisa diolah menjadi aneka masakan lezat.

Boleh jadi kulit melijo tidak dijual di pasar secara terpisah. Namun bila kebetulan membeli biji melinjo dan sayang bila kulit luarnya dibuang, coba saja diolah dengan resep berikut ini. Cara memasak kulit melinjo berikut ini yaitu dibuat tumis dengan campuran teri nasi yang sedap dan yang kedua adalah keripik kulit melinjo.

Tumis Kulit Melinjo

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

- Kulit melinjo 100 gram dipotong dua atau menurut keinginan, rebus sampai matang
- Teri nasi 50 gram digoreng hingga garing
- Daun kemangi segar 1 genggam
- Cabe merah 8 buah
- Bawang putih 4 siung
- Garam 1 sendok teh
- Gula pasir 1 sendok makan
- Minyak untuk menumis 3 sdm
- Air seperlunya

Cara memasak kulit melinjo :

Mula-mula lumatkan cabe merah dan bawang putih kemudian panaskan minyak goreng untuk menumisnya sampai harum. Masukkan garam, gula dan air seperlunya lalu aduk-aduk merata. Tambahkan kulit melinjo yang tadi sudah direbus, aduk-aduk merata. Panaskan sampai air banyak berkurang setelah itu matikan kompor. Masukkan teri nasi goreng ditambah daun kemangi, aduk-aduk merata. Menu tumis kulit melinjo teri siap dinikmati dengan nasi hangat.

Keripik Kulit Melinjo

Bahan-bahan yang diperlukan :

- Kulit melinjo 400 gram dicuci bersih
- Minyak goreng seperlunya

Bahan-bahan bumbu halus :

- Bawang putih 2 siung
- Ketumbar 1/2 sendok teh
- Gula pasir 1/2 sendok teh
- Garam 1 sendok teh
- Kaldu ayam 1/4 sendok teh bila menginginkan

Cara mengolah :

Encerkan bumbu halus ke 50 cc air lalu masukkan kulit melinjo ke dalamnya dan aduk-aduk merata serta biarkan selama 15 menit agar bumbunya meresap. Panaskan minyak goreng untuk menggoreng kulit melinjo tadi sampai renyah. Api kompor dikecilkan bila keripik hampir kering supaya tak hangus. Angkat dari penggorengan dan tiriskan. Gunakan toples berpenutup rapat untuk menyimpannya. Keripik melinjo ini bisa juga dibumbui dengan serbuk bumbu instan seperti balado, pedas manis, barbeque dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel