Resep Cara Masak Belut yang Enak

Belut adalah jenis ikan air tawar dengan habitat dalam lumpur di dasar perairan. Ikan ini mempunyai tubuh berbentuk memanjang seperti ular dengan kulit licin karena mengandung lendir. Meski tampilannya menyeramkan seperti ular namun untuk citarasa dagingnya tak perlu diragukan kelezatannya. Umumnya belut diolah dengan digoreng garing seperti keripik. Sebetulnya tak mesti digoreng, belut pun bisa diolah dengan cara lain yang tak kalah enaknya.


Cara masak belut yang enak berikut ini mengolahnya dengan dibakar, dibuat masakan berkuah, balado dan juga oseng-oseng belut.

1. Belut bakar pedas nikmat

Bahan-bahan yang perlu disiapkan :

- Belut ukuran sedang 10 ekor
- Air seperlunya
- Daun kemangi 1 ikat
- Minyak goreng sesuai kebutuhan

Bahan-bahan bumbu halus :

- Cabai rawit merah 10 buah
- Cabai merah besar 3 buah
- Bawang putih 2 siung
- Terasi bakar 1 sdt
- Kencur 1 ruas jari
- Gula pasir 1 sdm
- Garam 1 sdt

Cara mengolah :

Bersihkan belut dengan membuang isi perut dan mencucinya hingga bersih. Selanjutnya potong-potong menurut selera. Sediakan alat untuk membakar bisa dari arang atau lainnya. Selanjutnya bakar daging belut sampai matang secara merata. Angkat kemudian sisihkan dulu. Lanjut dengan memanaskan minyak goreng untuk keperluan menumis bumbu halus sampai mengeluarkan aroma harum. Berikutnya tambahkan air secukupnya, kemudian aduk. Masukkan daging belut bakar sembari diaduk-aduk agar bumbu meresap merata ke daging belut. Setelah dirasa bumbu sudah meresap, angkat daging belut dari wajan dan sajikan dalam piring. Tambahkan daun kemangi segar untuk disantap sebagai teman makan nasi.

2. Belut balado pedas

Cara masak belut yang enak sebenarnya tidak begitu sulit. Para ibu boleh mencoba menu lezat yang satu ini.

Bahan-bahan yang harus disiapkan :

- Belut 1/2 kg dicuci bersih kemudian diiris-iris dengan ukuran sesuai selera
- Jeruk nipis 1 buah
- Serai 1 batang digeprak
- Daun salam 2 helai
- Daun jeruk 2 helai dihilangkan tulang daun bagian tengah
- Gula pasir seperlunya
- Garam seperlunya

Bumbu-bumbu halus :

- Bawang putih 5 siung
- Bawang merah 8 siung
- Jahe 1 ruas jari
- Kemiri 2 buah
- Cabe rawit 5 buah atau menurut keinginan tingkat pedasnya
- Cabe merah 3 buah

Cara mengolah :

Pertama sekali belut dibersihkan dengan membuang bagian dalam perut lalu dicuci hingga bersih. Selanjutnya belut dipotong-potong dan langsung dimasukkan ke wadah lalu tambahkan air jeruk nipis dan garam seperlunya, tunggu beberapa saat sebelum digoreng sampai matang dan setengah kering. Ambil dari wajan dan sisihkan. Lanjut dengan menumis bumbu halus hingga harum. Kemudian tambahkan daun serai, daun jeruk dan daun salam. Masukkan 100 cc air dan masak sampai mendidih. Tambahkan gula pasir dan garam sesuai selera. Masukkan belut goreng tadi dan terus dimasak sampai air mengental dan volumenya banyak berkurang. Menu belut balado siap dihidangkan bersama nasi hangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel