Ketahui Khasiat dan Cara Memasak Daun Kelor yang Benar

Penelitian yang dilakukan para ahli terhadap daun kelor membuktikan bahwa daun yang satu ini memiliki khasiat kesehatan yang tak bisa disepelekan. Daun kelor ini teruji bisa menangkal sejumlah penyakit yang akan menyerang tubuh bila dikonsumsi dengan teratur. Daun kelor melimpah dengan nutrisi dan antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh bagi mereka yang memakannya. Sebelum menggunakannya, cara memasak daun kelor yang benar harus diketahui.


Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin diantaranya adalah :

- Kencing manis
Daun kelor bisa menyeimbangkan kadar gula darah karena asam klorogenik yang dikandungnya. Asam klorogenik akan merangsang sel-sel tubuh menghasilkan sejumlah gula yang memang diperlukan tubuh saja dan tak berlebihan.

- Kolesterol
Daun kelor mengandung senyawa beta-sitosterol dengan khasiat menghambat produksi LDL atau kolesterol jahat. Kandungan tersebut pun bisa bertindak sebagai senyawa anti-inflamasi untuk tubuh. Konsentrasi kolesterol yang tetap terkendali menjadikan tubuh terbebas dari serangan jantung.

- Infeksi
Kadar carotenoid phytonutrients, asam amino esensial, serta senyawa anti bacterial sangat berguna untuk mencegah terjadinya radang. Jenis sayur-mayur yang satu ini pun memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat melindungi tubuh dari terjadinya alergi.

- Kanker
Ternyata daun kelor setelah diteliti pun mampu mengatasi beberapa tipe kanker diantaranya kanker payudara, kanker kulit dan kanker paru.

- Gangguan pencernaan
Daun kelor memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang artinya bagus untuk sistem pencernaan manusia. Dengan mengkonsumsi rutin daun kelor maka penyakit luka lambung, penyakit hati, gangguan ginjal dan sebagainya bisa disembuhkan. Daun kelor dalam bentuk serbuk memiliki kandungan 31 % serat sehingga bagus untuk program diet penurunan berat badan.

- Penuaan dini
Makan daun kelor dengan rutin pun nyatanya akan menjadikan kulit awet muda. Teruji dari beberapa riset, daun kelor memiliki kandungan senyawa anti-aging yang bisa merangsang sel-sel melakukan regenerasi lebih cepat.

Ada banyak cara dalam mengkonsumsi daun kelor ini. Untuk pengobatan, daun kelor bisa dicuci bersih kemudian dikeringkan dan kemudian dihaluskan dan siap dikonsumsi dalam bentuk seduhan atau dimasukkan dalam kapsul. Cara memasak daun kelor yang benar untuk tujuan dikonsumsi pun ada beberapa resep yang bisa dicoba seperti mengolahnya menjadi sayur bening berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

- Daun kelor 1 baskom dicuci bersih
- Bawang merah 2 buah dirajang tipis
- Daun serai 2 batang digeprak
- Jagung manis 1 buah disisir
- Air sesuai kebutuhan
- Garam dan gula pasir sesuai selera rasa yang diinginkan

Cara memasak sayur bening daun kelor :

Pertama, masak air sampai mendidih. Tambahkan rajangan bawang merah dan daun serai, kemudian diaduk-aduk sebentar. Masukkan jagung manis dan masak terus sampai agak matang. Setelah itu masukkan daun kelor, garam dan gula pasir. Cicipi untuk mendapatkan rasa yang pas di lidah. Panaskan beberapa saat hingga daun kelor mulai layu. Matikan api kompor dan sayur bening daun kelor siap disantap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel