Khasiat dan Cara Masak Labu Air

Labu air yang juga disebut labu siam atau labu sayur ternyata tak bisa dipandang sebelah mata. Di dalam sayur yang satu ini terkandung berbagai senyawa dan mineral yang dibutuhkan tubuh diantaranya kalsium, polifenol, saponin, juga vitamin C. Buahnya lonjong menyerupai alpukat dengan warna hijau. Umumnya masyarakat Indonesia mengkonsumsi labu air dalam bentuk sayur mentah sebagai lalapan atau diolah menjadi sayur kuah.

Bila lagi bosan menu sayur bening yang begitu-begitu saja, coba masak sup labu air. Makanan yang satu ini memang tak begitu populer, namun bukan berarti kelezatannya diragukan. Para ibu wajib mencobanya dan rasakan kelezatan dan kesegaran kuahnya. Diolah dari kombinasi daging ayam ditambah labu air. Lalu kuahnya putih sebab sudah ditambahkan sedikit tepung maizena. Berikut cara masak labu air dalam bentuk sup.

Bahan-bahan yang mesti disiapkan :

- Ayam fillet bagian dada 150 gram
- Labu air 250 gram dikupas lalu dihilangkan biji-bijinya dan dirajang kotak 2x2 cm
- Air 1,25 liter
- Bumbu penyedap rasa ayam 1 sachet
- Margarin 1 sendok teh
- Jamur merang 100 gram dipotong menjadi dua
- Tepung maizena 1 sendok makan dicairkan dengan sedikit air
- Kecap asin 1 sendok makan

Bumbu-bumbu untuk rendaman :

- Kecap asin 1 sendok teh
- Merica serbuk 1/2 sendok teh
- Gula pasir 1 sendok teh
- Garam 1 sendok teh
- Tepung maizena 1 sendok teh

Cara masak sup labu air :

Pertama sekali, iris-iris fillet ayam dengan ukuran 1x2 cm, kemudian masukkan dalam adonan bumbu rendaman. Aduk-aduk agar merata, biarkan selama 10 menit. Lanjut dengan mendidihkan air kemudian tuangkan bumbu penyedap rasa ayam, kecap asin lalu juga margarin. Masukkan irisan ayam beserta labu air. Panaskan kurang lebih 10 menit, kemudian tambahkan jamur merang. Rebus beberapa saat lalu tuangkan larutan tepung maizena. Sesudah itu rebus kembali sampai kuah menjadi kental baru kemudian diangkat. Sajikan saat masih panas beserta nasi putih hangat.

Berikut 3 manfaat labu air untuk kesehatan tubuh :

1. Mengatasi panas dalam
Karena kandungan senyawa saponin dan polifenol yang bersifat dingin maka labu air memiliki efek penurun panas badan. Labu air dapat mengatasi panas di saluran pencernaan.

2. Mengobati sariawan
Sebagaimana panas dalam, labu air pun bisa menyembuhkan gejala sariawan. Labu air pun memiliki kandungan vitamin C untuk meningkatkan stamina tubuh dari serangan penyakit yang akan masuk ke tubuh.

3. Menguatkan tulang
Labu air memiliki kandungan senyawa kalsium hingga 17 mg. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa kalsium sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang yang sumbernya bisa didapatkan dengan mengkonsumsi labu air.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel