Cara Membuat Kroket Kentang Isi Sayuran

Kentang menjadi salah satu makanan pokok bagi masyarakat Eropa dan Amerika. Lain dengan masyarakat Indonesia yang kerap memanfaatkannya untuk lauk teman makan nasi. Kentang populer sebagai bahan pangan yang sarat kandungan karbohidrat, lemak, fiber, kalsium dan vitamin C. Tanaman umbi ini paling banyak ditanam di seluruh dunia sehingga mudah didapatkan dimana saja.


Kentang dapat dikreasikan menjadi cemilan yang lezat dan sedap. Misalnya saja donat, keripik, cake dan tak ketinggalan kroket. Kroket adalah cemilan berbahan utama kentang yang bisa diberikan isian macam-macam, salah satunya adalah isian sayuran yang menyehatkan. Kroket yang aslinya adalah makanan khas dari Belanda dengan nama bitterballen sudah cukup akrab sebagai cemilan yang nikmat terlebih saat disantap hangat-hangat dengan cabe hijau.

Tak perlu membeli, membuat kroket sebenarnya tak merepotkan hanya membutuhkan waktu sebentar. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kroket kentang isi sayuran pun tak banyak. Mari kita mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang mesti disiapkan :

- Kentang segar 1/4 kg dikupas kemudian digoreng dan dilumatkan
- Bawang putih halus sesuai kebutuhan
- Tepung terigu 1 sdm
- Susu serbuk 1 sdm
- Merica bubuk seperlunya
- Air panas seperlunya
- Garam 1 sdt

Bahan-bahan isian kroket :

- Gula pasir 1 sdt
- Garam halus sesuai kebutuhan
- Merica halus seperlunya
- Daging sapi giling 1 ons
- Margarin 2 sdm
- Kecap manis 1 sdm
- Bawang putih 4 siung dirajang lembut
- Bawang merah 4 buah dirajang lembut
- Wortel 1 ons diiris kotak lalu direbus beberapa menit

Bahan-bahan kulit kroket :

- Telur 2 butir diambil putihnya saja lalu dikocok
- Tepung roti seperlunya
- Minyak goreng untuk menggoreng kroket
- Tepung terigu 2 sdm

Prosedur cara membuat kroket kentang isi sayuran :

Pertama adalah membuat adonan untuk isian. Sediakan wajan lalu panaskan margarin yang akan digunakan untuk menumis sejumlah bahan yakni bawang putih dan bawang merah hingga harum. Setelah itu tuangkan daging sapi giling lalu diaduk-aduk agar merata. Teruskan dengan menambahkan bahan-bahan isian yang lain dan panaskan hingga matang. Prosedur cara membuat kroket kentang isi sayuran selanjutnya adalah membuat adonan kulit. Sediakan wadah dan seluruh bahan-bahan untuk kulit kroket. Buat adonan dari bahan-bahan kulit tersebut dengan mencampurkan seluruh bahannya.

Langkah cara membuat kroket kentang isi sayuran. Siapkan adonan kulit yang tadi dibuat, selanjutnya buat menjadi pipih. Ambil sedikit adonan isi lalu tuangkan di atas kulit yang sudah dipipihkan tadi sesuai besar kroket pada umumnya. Sesudah itu gulung kulit lonjong memanjang. Buat seperti tadi untuk seluruh adonan isi. Setelah semua adonan isi dan kulit habis, gulingkan kroket ke tepung terigu, ambil dan kemudian gulingkan ke tepung panir. Nyalakan kompor, panaskan wajan dengan minyaknya untuk menggoreng. Goreng kroket hingga matang dengan warna kuning kecoklatan. Angkat dari wajan dan tiriskan untuk kemudian disajikan saat masih panas. Bisa dinikmati dengan cabe atau dicocol ke saus sambal.
   

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel