Cara Memasak Kikil Bumbu Kecap Lezat Menggoda

Mau menu yang bisa membangkitkan selera makan dengan citarasa gurih dan kenyal? Kikil yang di sejumlah daerah populer dengan sebutan krecek memang dapat diolah menjadi menu yang lezat dan sedap. Kikil memiliki tekstur yang kenyil-kenyil enak yang makin nikmat jika diolah menjadi masakan pedas seperti kikil bumbu kecap.


Jika membeli di warung makan terkadang eneg sebab bau prengus masih cukup kuat. Lain bila dimasak sendiri di rumah, selain bumbu lebih terasa juga lebih bersih dengan aroma tajam yang sudah hilang. Berikut cara memasak kikil bumbu kecap yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk sajian lauk seluruh keluarga. Agar kikil tak menghasilkan aroma prengus, cara pengolahannya mudah saja. Kikil direbus bersama beberapa potong jahe yang sudah digeprak ditambah daun salam, lengkuas serta sedikit garam. Setelah teksturnya empuk, kikil segera diambil dan ditiriskan, baru kemudian diolah menurut menu yang diinginkan. Aroma prengus kini tak akan muncul.

Kemudian kiat untuk memilih kikil yang masih bagus caranya yaitu pilih yang masih segar yang belum direbus. Terkadang ada saja penjual nakal yang menjual kikil sisa kemarin dengan direbus atau dibakar terlebih dahulu. Bila menginginkan citarasa pedas, gunakan cabe rawit merah sesuai keinginan. Kini saatnya memasak, pelajari dahulu cara memasak kikil bumbu kecap berikut ini.

Bahan-bahan yang harus disediakan :

- Kikil sapi 1/2 kilo
- Bawang putih 4 siung
- Bawang merah 6 siung
- Saus tiram 2 sendok makan
- Kecap manis 5 sendok makan
- Cabe hijau besar 3 buah dirajang-rajang
- Cabe rawit merah utuh 10 buah
- Daun salam 2 helai
- Daun jeruk 2 helai dibuang tulang daunnya
- Lengkuas 1 ruas digeprak
- Gula jawa 1 sendok makan
- Merica halus 1 sendok teh
- Garam sesuai kebutuhan
- Air sesuai kebutuhan
- Minyak goreng untuk menumis

Cara memasak kikil bumbu kecap :

Siapkan kikil untuk kemudian direbus kurang lebih 15 menit hingga lunak. Boleh ditambahkan jahe, daun salam dan lengkuas saat merebusnya agar bau prengus hilang. Angkat kikil kemudian ditiriskan dan diiris kotak-kotak dengan besar sesuai selera. Lanjut dengan mencincang bawang putih dan bawang merah untuk kemudian ditumis beserta lengkuas, daun salam, daun jeruk sampai wangi. Tambahkan cabe hijau dan cabe merah utuh lalu tetap ditumis sampai layu.
   
Tambahkan potongan kikil ditambah bumbu saus tiram, kecap manis serta gula jawa. Masih dilanjutkan menumis beberapa menit. Selanjutnya tambahkan air sesuai kebutuhan. Aduk-aduk merata dan panaskan sampai airnya menyusut. Tambahkan garam sesuai kebutuhan sekaligus juga merica halus. Aduk-aduk kembali dengan terus dimasak sampai kuahnya kental dengan bumbu yang meresap. Kikil bumbu kecap sudah bisa dihidangkan saat masih hangat sebagai teman nasi hangat ditambah kerupuk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel