Cara Membuat Alpukat Kocok Spesial

Es yang satu ini memang sangat happening khususnya di kota Medan. Di Simpang Glugur terkenal dengan nama es Pokat Kocok Glugur. Konsumen dengan senang hati mengantri hanya agar bisa menikmati segelas es ini. Sebenarnya cara membuat alpukat kocok cukup sederhana. Prosesnya, daging alpukat ditambahkan santan, larutan gula, susu kental serta gula aren cair.


Alpukat adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan lemak tinggi. Hanya saja kadar lemak dalam buah alpukat dikategorikan sebagai lemak yang bagus untuk kesehatan. Lemak sehat selalu diperlukan tubuh bahkan bila seseorang tengah melakukan diet. Lemak sehat mampu membendung jika terjadi lonjakan gula darah yang artinya akan menghindarkan resiko terkena kencing manis. Kecuali banyak mengandung lemak, buah alpukat pun memiliki kandungan serat yang tinggi. Sudah banyak diketahui jika sering mengkonsumsi serat akan menjadikan seseorang kenyang lebih lama yang akan menahannya dari sering makan. Untuk mereka yang lagi diet, rasa kenyang yang lama memang diperlukan bila ingin menjaga berat tubuh. Perut yang merasa kenyang maka menyebabkan seseorang akan mengurangi porsi makannya.

Namun harus dipahami jika buah alpukat cukup tinggi kandungan kalorinya. Sekitar 400 gram daging alpukat mengandung 180 kalori serta 17 gram lemak. Selanjutnya di 100 gram daging alpukat setara dengan 2 sdm alpukat tumbuk dan alpukat potong. Konsentrasi kalori tersebut termasuk tinggi bagi orang-orang yang lagi diet sehingga mereka perlu berhati-hati saat mengkonsumsinya. Mari membuat es alpukat sendiri di rumah untuk dikonsumsi saat diet. Cara membuat alpukat kocok berikut ini bisa dicoba sendiri di rumah.

Kebutuhan bahan-bahan :

- Buah alpukat masak 2 buah
- Susu kental manis 1 sachet
- Es batu sesuai selera
- Santan encer
- Gula pasir 1 sdm atau menurut keinginan dilarutkan dalam 50 cc air
- Gula aren sesuai kebutuhan dilarutkan

Cara membuat alpukat kocok :

Buah alpukat dibelah kemudian dibuang bijinya dan diserut dagingnya. Selanjutnya masukkan ke gelas. Lumatkan memakai sendok makan, boleh kasar atau halus. Tambahkan larutan gula pasir dan gula aren menurut keinginan. Masukkan serutan es batu di atasnya lalu siramkan susu kental manis.
Bila ingin boleh ditambahkan topping berupa serbuk kopi instan, oreo, meises, serutan keju, atau yang lainnya sesuai keinginan. Kini es alpukat kocok siap untuk dinikmati di kala siang hari yang terik.

Kreasi lain dari buah ini adalah es krim alpukat spesial seperti berikut ini.

Kebutuhan bahan-bahan :

- Buah alpukat 1 kg
- Susu kental manis 100 ml
- Air matang 700 cc
- Bahan pengemulsi 1 sdm

Cara membuat es krim alpukat spesial :

Daging alpukat bersama susu kental manis dan air diblender hingga lumat. Tuangkan ke wadah lalu tutup rapat dan tempatkan di freezer. Biarkan sampai setengah padat sekitar 4 jam lamanya. Ambil dari freezer lalu tambahkan pengemulsi terus kocok menggunakan mixer sampai tercampur merata. Tempatkan kembali adonan di freezer sampai membeku. Es krim alpukat spesial siap dinikmati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel