Cara Memasak Rebung Agar Tidak Pahit

Menu makanan yang bervariasi memang dibutuhkan guna mencukupi asupan gizi, tak terkecuali unsur serat. Untung saja jenis sayur-mayur di daerah tropis antara lain Indonesia cukup banyak dan beragam. Dengan begitu para bunda dapat mencoba-coba berbagai jenis sayur-mayur tersebut. Sekalipun itu adalah sayur-mayur yang berasa pahit, kita tetap dapat menyantapnya jika diolah secara benar. Salah satu jenis sayuran itu adalah rebung rebung.


Kecuali sedap saat diolah menjadi menu masakan, rebung yang diambil dari tunas bambu muda ini melimpah akan kandungan serat dan kalium. Lalu bagaimana cara memasak rebung agar tidak pahit? Memang rebung akan mengeluarkan semacam getah saat dirajang-rajang. Pahit rebung bisa hilang apabila dimasak yang kemudian ditambahkan gula pasir. Prosesnya adalah sebagai berikut. Rajang tipis 1/2 kg rebung, kemudian rebus 2 sampai 3 kali dengan ditambahkan 2 sdm gula pasir. Cara memasak rebung agar tidak pahit yang lain yaitu sesudah dirajang, rebung direndam dalam air hingga dua malam kemudian dicuci dan direbus. Rebung pun akan menjadi empuk bila dilakukan pengolahan tadi. Agar tak dihinggapi serangga kala direndam maka tambahkan sebuah cabe merah dalam rendaman tersebut.

Terus bagaimana cara memasak rebung supaya baunya sedap? Aroma pesing adalah ciri khas bau rebung yang umumnya tercium ketika direbus. Agar  bau pesing tadi hilang maka gunakan tips berikut ini. Rebung segar dicuci sampai bersih dan singkirkan bagian tunas yang keras. Masak rebung bersama air hingga mendidih kemudian segera ditiriskan. Masak lagi kali ini menggunakan air kelapa hingga rebung empuk. Tiriskan kemudian tempatkan di wadah tertutup lalu dimasukkan ke kulkas. Air kelapa kecuali menghilangkan bau tajam juga akan membuatnya legit renyah dan sedap.

Ada banyak resep menu berbahan utama rebung, salah satunya adalah gulai rebung pedas berikut ini.

Aneka bahan yang dibutuhkan :

- Rebung muda 1/2 kg dirajang tipis
- Udang segar 100 gram dihilangkan bagian kepala dan juga kulit luarnya
- Santan kental 700 cc
- Daun serai 1 tangkai digeprak
- Lengkuas 1 ruas jari digeprak
- Daun salam 2 helai
- Daun jeruk 2 helai
- Garam seperlunya
- Gula pasir seperlunya

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :

- Bawang merah 8 siung
- Bawang putih 3 siung
- Cabe rawit 5 buah
- Kunyit 2 cm

Cara mengolah :

Pertama, rebung direbus dengan menambahkan 1 sdm gula pasir. Rebus sampai matang, lalu buang air rebusannya serta cuci menggunakan air hangat. Bila ternyata masih berbau, rebung dapat direbus kembali sebelum mulai diolah. Bumbu-bumbu halus ditumis sampai harum lalu tambahkan daun salam, serai, lengkuas serta daun jeruk. Tambahkan udang lalu tumis kembali sampai warnanya kemerahan. Tuangkan santan lalu tambahkan garam dan gula sesuai kebutuhan. Masukkan rebung kemudian rebus sampai kuahnya berkurang dan bumbu terserap. Gulai rebung pedas sudah bisa disajikan bersama nasi hangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel