Cara Memasak Kikil Sapi Agar Cepat Empuk

Tak hanya dagingnya, bagian tubuh sapi yang satu ini pun begitu digemari kalangan penggila kuliner. Kikil memiliki citarasa yang lezat dengan tekstur yang lunak. Namun sayang pengolahan kikil tak segampang yang dikira. Keliru dalam prosesnya maka kikil yang diolah malah menjadi alot sekaligus juga beraroma amis. Lalu bagaimana cara memasak kikil sapi agar cepat empuk dan juga tak amis?


Kikil bisa diolah menjadi bermacam-macam kuliner sedap yang pasti disukai seluruh anggota keluarga. Namun sebelumnya kita harus tahu dulu tips cara memasak kikil sapi agar cepat empuk seperti yang dijelaskan berikut ini. Mula-mula cuci kikil secara betul yaitu dengan merendamnya menggunakan air mendidih dalam waktu kira-kira 20 menit. Sesudah itu bulu-bulu yang masih melekat dibersihkan. Sesudah itu godok kikil hingga lunak. Bila mau yang lebih cepat maka bisa dimasak menggunakan panci presto dalam waktu sekitar 60 menit. Sesudah itu buang air rebusan kikil supaya tidak berbau ketika diproses menjadi masakan. Bila sesudah direbus yang pertama ternyata kikil tetap berbau, untuk itu tiriskan kikil lalu siram menggunakan air bersih supaya sisa-sisa bau menghilang.

Beraneka jenis rempah-rempah pun dapat dimanfaatkan agar bau amis kikil bisa hilang. Diantara rempah-rempah itu antara lain daun jeruk, serai atau jahe. Salah satunya bisa ditambahkan ketika memasak kikil menggunakan panci presto. Sesudah itu tahap selanjutnya adalah mengolah kikil menjadi aneka menu lezat yang diinginkan. Banyak resep makanan yang menggunakan bahan utama dari kikil ini, salah satunya adalah lontong kikil Surabaya.

Aneka bahan yang dibutuhkan :

- Kikil sapi 1 kg dan boleh pula ditambahkan krecek
- Daun serai 3 tangkai digeprak
- Daun jeruk 6 helai
- Daun bawang 3 batang

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :

- Bawang putih 8 siung
- Bawang merah 15 siung
- Kemiri 10 butir disangrai beberapa saat
- Cabe merah 5 buah
- Ketumbar 1 sendok teh
- Jinten 1 sendok teh
- Kunyit 4 cm
- Jahe 3 cm
- Kencur 2 cm
- Kunci 2 cm
- Garam sesuai kebutuhan

Cara mengolah :

Kikil dibakar sebentar supaya bulu-bulunya hilang. Rajang-rajang kemudian masak sampai mendidih. Air bekas rebusan dibuang agar baunya hilang lalu masak kembali sampai lunak. Bumbu-bumbu halus ditumis. Tambahkan daun serai dan daun jeruk dan ditumis kembali sampai wangi. Tambahkan hasil tumisan tadi ke rebusan kikil. Aduk-aduk merata sampai mendidih, masukkan sejumlah garam bila rasanya kurang kuat. Tambahkan daun bawang yang telah dirajang-rajang kecil. Masak lagi sampai kuah mengental dan beraroma sedap. Lontong diiris-iris dan ditata di atas piring. Tuangkan kuah dan kikilnya di atas lontong. Bubuhkan bawang goreng dan juga tambahkan kerupuk bila ingin. Menu lontong kikil Surabaya sudah bisa disantap.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel