Cara Memasak Teripang Laut

Teripang atau timun laut atau Sea Cucumber adalah salah satu fauna laut yang melimpah akan manfaat. Tidak cuma melimpah akan protein, hewan laut yang satu ini pun memiliki kandungan senyawa kolagen yang bagus untuk kesehatan kulit. Teripang adalah hewan invertebrata genus Holothuroide yang bisa dimakan. Hewan laut ini sudah sejak dulu dikonsumsi manusia dan malah dijadikan sebagai makanan tradisional masyarakat di sejumlah negara antara lain China, Jepang, Korea dan Indonesia.


Setidaknya 7 spesies teripang yang hidup di perairan laut Indonesia mempunyai nilai ekonomis tinggi meliputi : Teripang Hitam (Holoturoidea Edulis),  Teripang Pasir (Holothuroidea Scabra), Teripang Coklat (Holothuroidea Marmoreta), Teripang Koro (Holothuroidea Nobilis),  Teripang Merah (Holothuroidea Vatiensis), Teripang Gamat (Stichopus Varigatus) dan Teripang Nanas (Thelonata Anana). Yang sangat menarik dari hewan bertubuh lunak ini adalah kandungan senyawa regenerasi sel yang bisa merangsang peremajaan atau pemulihan sel serta jaringan tubuh manusia yang rusak.

Kadar protein teripang bila dalam kondisi kering hingga 83 %. Protein tersebut banyak terdapat di dinding sel tubuh yang juga memiliki kandungan asam amino misalnya asam glutamat, glycin, asam aspartat, arginin dan alanin. Kurang-lebih 70 % protein yang terdapat di dinding tubuh teripang tersusun atas kolagen sebagai komponen utama dari jaringan ikat.

Bagi beberapa orang, melihat wujud teripang saja sudah geli apalagi jika diminta memakannya. Jangan salah, meski bentuknya menyeramkan namun citarasa teripang yang sudah dimasak dengan berbagai resep sungguh sangat lezat dan sedap. Meski rasa asli teripang sendiri cenderung hambar dan sedikit ada aroma amis. Ada banyak cara memasak teripang laut mulai dari dibuat tumis, masakan berkuah, digoreng hingga dioseng. Di Jepang, teripang juga dimakan mentah, seperti sashimi atau sunomono, dan ususnya juga dimakan sebagai konowata, yaitu makanan asin dan fermentasi (beragam shiokara). Ovarium kering teripang juga dimakan, yang disebut konoko atau kuchiko.

Cara memasak teripang laut memerlukan waktu lama untuk mempersiapkannya. Saat membeli teripang laut segar, cari yang berkilau warna hitam dan memiliki permukaan yang halus. Persiapan untuk memasaknya, isi panci masak dengan 3/4 penuh air. Tempatkan panci di atas kompor dan panaskan air sampai mendidih. Masukkan teripang bersama lima sampai 10 irisan jahe ke air mendidih tersebut. Rebus terus teripang sampai mengembang hingga dua atau tiga kali ukuran aslinya dan hingga lunak. Ambil teripang dari panci dan siap untuk dimasak sesuai resep yang diinginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel