Teknik Mudah Cara Membuat Stik Kentang Crispy

Kentang goreng yang populer dengan sebutan french fries yaitu kudapan yang digemari kebanyakan orang. Ketika kita masuk ke restoran fast food, stik kentang goreng ini pasti ada dari daftar menu yang ditawarkan. Kentang goreng yang disajikan tersebut biasanya renyah dan garing bercitarasa gurih. Namun saat mencobanya sendiri membuat di rumah, memang teksturnya renyah ketika habis diangkat dari penggorengan, lalu beberapa saat kemudian menjadi lembek sehingga sensasi kerenyahannya jadi hilang.

Membeli kentang french fries di supermarket memang bisa jadi pilihan paling gampang. Anda cukup menggorengnya untuk menghasilkan kentang goreng yang tetap renyah meski sudah dingin. Namun kentang french fries siap goreng itu harganya lumayan mahal. Sebetulnya Anda pun dapat memanfaatkan kentang mentah untuk memperoleh French Fries serenyah yang dijual restoran fast food. Tips cara membuat stik kentang crispy berikut ini bisa digunakan sebagai referensi.

Mengolah kentang goreng memang tak sesimpel yang dibayangkan. Jika tak tahu tekniknya, kentang goreng biasanya lembek atau sebaliknya terlampau keras. Cara membuat stik kentang crispy yang pertama siapkan beberapa butir kentang mentah. Kemudian cuci sampai bersih sesudah dirajang-rajang memanjang dengan ukuran sesuai selera. Cuci sampai air cucian jernih yang menandakan seluruh getahnya sudah larut. Getah menjadi salah satu yang membuat kentang goreng lembek teksturnya.
   
Selanjutnya kentang direbus kurang lebih 5 menit dengan air yang telah mendidih. Tambahkan sedikit garam guna meningkatkan citarasa kentang. Bubuhkan kentang menggunakan tepung terigu kemudian goreng separuh matang. Sesudah separuh matang, tempatkan kentang tadi di kulkas. Baru setelah beberapa waktu, adonan kentang tersebut siap digoreng lagi sampai garing dan awet renyahnya. Menempatkan adonan kentang sebelum digoreng memang bertujuan supaya kentang renyah setelah digoreng. Untuk menggorengnya terapkan metode deep frying atau menggunakan minyak goreng banyak sehingga seluruh bagian kentang terendam.

Teknik lain cara membuat stik kentang crispy. Gunakan kentang segar bermutu bagus dengan melihat permukaan kulit. Pilih kentang yang mempunyai kulit luar mulus, bebas warna hijau, noda memar atau busuk. Sesudah dirajang-rajang menurut keinginan, rendam kentang menggunakan air es kurang lebih 30 menit atau lebih lama. Air untuk merendam dapat ditambahkan sedikit garam. Apabila air rendaman tadi tak dingin lagi maka bisa ditambahkan es batu.
   
Berikutnya kentang ditiriskan, kemudian tambahkan taburan tepung maizena tipis-tipis. Bila mau langsung menggorengnya maka gunakan minyak goreng panas dan kentang dalam keadaan terendam seluruhnya. Bila hendak menggorengnya di hari lain, anda bisa menyimpan kentang dengan membungkusnya di plastik atau tempat lain kemudian tempatkan di freezer. Kini anda bisa menikmati stik kentang goreng yang tetap renyah meski sudah dingin, Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel