Cara Memasak Kolang Kaling yang Benar

Kolang-kaling yang sangat populer saat Ramadhan diambil dari buah pohon Aren. Makanan yang satu ini saat bulan Puasa banyak dijual di berbagai tempat seperti pasar tradisional, tukang sayur hingga supermarket pun menyediakannya. Kolang kaling sering diolah menjadi pelengkap minuman dingin. Cara mengolah kolang kaling tak boleh sembarangan. Hal ini bertujuan supaya teksturnya lunak dan kenyal ditengahnya. Supaya lebih paham, simak cara memasak kolang kaling yang benar berikut ini.


Kolang kaling sendiri dijual dengan ukuran bermacam-macam mulai dari yang bulat gepeng, bulat tebal ataupun yang pipih lebar. Itu dipengaruhi oleh penanganan sebelum kolang kaling dipasarkan. Agar menghasilkan kolang kaling bertekstur lembut, gunakan kolang kaling muda dengan penampakan pipih, lebar, tipis, serta bening/transparan. Sesudah memperoleh kolang kaling yang sesuai, kini waktunya membersihkan lendir yang menempel di permukaan kolang kaling.

Ketika membeli kolang kaling di pasar, tentunya terlihat bahan makanan tersebut selalu direndam dalam air. Air rendaman kolang kaling kebanyakan menggunakan air mentah. Karenanya kolang kaling mengeluarkan lendir. Agar lendir di kolang kaling bisa hilang maka dibilas di bawah air mengalir sampai semua lendir larut. Kemudian kolang kaling ditiriskan agar tak mengandung air lagi. Adakalanya konsumen pun memperoleh kolang kaling berbau asam. Akan tetapi tak usah cemas sebab bau itu bisa dihilangkan yaitu dengan cara merendam dalam air bekas cucian beras atau  air tajin kurang lebih 1-2 jam dan selanjutnya kolang kaling dicuci.

Cara memasak kolang kaling yang benar supaya lebih empuk dan harum tak sulit dilakukan. Kolang kaling yang telah bersih selanjutnya dimasak menggunakan air dengan ditambahkan daun pandan serta daun jeruk purut. Supaya kolang kaling makin lezat, boleh ditambahkan gula pasir ke air rebusan tadi. Sekaligus boleh juga diberikan pewarna makanan sehingga memberikan tampilan warna-warni yang bisa menggugah selera. Sesudah kolang kaling matang dan lunak, biarkan dahulu sampai betul-betul dingin. Selanjutnya kolang kaling dapat dimasukkan wadah rapat kemudian disimpan dalam kulkas. Kolang kaling akan awet sampai berhari-hari dalam suhu dingin kulkas.

Resep Es Kelapa Kolang Kaling

Bahan-bahan yang diperlukan :

- Kolang Kaling 250 gram
- Gula pasir 4 sdm
- Susu kental manis menurut selera
- Kelapa muda dan airnya 1 butir
- Sirup rasa Cocopandan secukupnya
- Nata De Coco sesuai keinginan
- Air 400 cc

Proses membuat :

Siapkan kolang kaling sesuai tips di atas. Kemudian masak Kolang kaling dalam air kemudian tambahkan gula dan aduk-aduk. Masak kolang kaling sampai lunak. Persiapkan baskom besar, tuangkan susu kental manis lalu sirup cocopandan lalu air kelapa muda dan juga parutan kelapa dan Nata De Coco. Kemudian tambahkan kolang kaling dan air rebusannya, aduk rata. Boleh ditambahkan bermacam buah buahan. Dinginkan terlebih dulu di lemari es sebelum dihidangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel