Cara Membuat Empek2 Palembang Asli

Pempek yang di tempat asalnya Palembang disebut empek-empek menggunakan ikan belida atau ikan gabus menjadi bahan utamanya. Namun ada juga yang menggunakan ikan tenggiri. Cara membuat empek2 Palembang asli yaitu dengan menghaluskan daging ikan kemudian ditambahkan tapioka atau sagu, telur serta beberapa bumbu lain. Pempek memiliki citarasa gurih bercampur rasa asam, manis, pedas khas kuah cuko.

Jenis empek2 Palembang yang populer ada dua macam yaitu kapal selam dan lenjer meski sebenarnya masih ada beberapa lainnya seperti Adaan, keriting dan pistel. Kuah cuko dibuat dari asam jeruk dan tak memakai cuka sedikitpun, wajar jika kuah ini sedap dan nikmat. Menyantap pempek tak afdol jika tanpa rajangan buah mentimun kecil-kecil ditambah ebi kering halus.

Resep empek2 Palembang asli

Bahan-bahan untuk biang :

- Tepung terigu 250 gram
- Air 500 cc
- Bawang putih 2 siung dihaluskan
- Garam 5 sdt
- Penyedap rasa 1/2 sdt
- Gula 2 sdt
- Telur ayam 4 butir

Bahan-bahan utama :

- Ikan Tenggiri 600 gram dihaluskan
- Tepung tapioka atau sagu 400 gram
- Telur

 Bahan-bahan cuko :

- Gula merah atau gula aren 250 gram
- Air asam jawa 50 gram atau air sari jeruk
- Mentimun segar dibuang kulitnya lalu dirajang kotak-kotak kecil mirip acar
- Cabai rawit sesuai keinginan dan dihaluskan
- Air 1000 cc
- Bawang putih 200 gram dirajang tipis kemudian dicincang lembut
- Ebi kering 2 sdm lalu dihaluskan

Cara membuat empek2 Palembang asli :

Mula-mula, panaskan air lalu tambahkan bumbu-bumbu dan tepung terigu. Aduk hingga mengental kemudian sisihkan dan biarkan agak dingin. Campurkan pada adonan yang pertama tadi bahan-bahan biang, ikan Tenggiri dan telur lalu uleni sampai tercampur rata. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil terus diuleni. Sesudah itu buat adonan menyerupai kapal selam. Panaskan air hingga mendidih kemudian masukkan empek2 tadi. Rebus hingga 20 menit hingga empek2 matang, kemudian angkat dan siap digoreng.

Cara membuat empek2 Palembang asli untuk kuah cuko :

Rebus air lebih dulu hingga akan mendidih menggunakan api sedang. Tambahkan air asam jawa atau air sari jeruk dan gula merah kemudian didihkan beberapa lama. Sesudah itu masukkan bawang putih dan cabe rawit ditambah garam seperlunya. Aduk-aduk perlahan sampai semua bahan tercampur merata. Tes rasa dengan mencicipi tingkat pedas, asin dan manis sesuai yang diinginkan. Bila kurang pas, tambahkan bumbunya, bila sudah pas angkat dan tuangkan dalam wadah yang berisi irisan mentimun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel