Cara Membuat Srikaya Palembang

Srikaya merupakan satu diantara berbagai kuliner khas Palembang sejak zaman baheula yang masih bertahan hingga sekarang ini. Umumnya masyarakat Palembang menyantap penganan ini dengan cara dicocol dengan ketan atau dimakan begitu saja. Cemilan ini tak hanya nikmat namun juga tahan lama.  Cuma menggunakan gula, telur dan santan kental saja.

Srikaya Palembang

Di samping menjadi hidangan populer sebagian orang di bulan Ramadhan, kuliner ini pasti banyak dijual saat kita ke kota Palembang baik di pasar tradisional antara lain di Pasar Cinde,  Pasar Kuto, Pasar Perumnas, Pasar Plaju dan Pasar Lemabang juga di toko Pempek. Ingin buat sendiri pun mudah. Cara membuat srikaya Palembang salah satunya bisa menyimak resep berikut ini. Bahan-bahan yang digunakan dalam resep ini tak sulit untuk dicari.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
- Telur ayam/bebek 1 gelas (4 butir)
- Gula pasir 1 gelas
- Santan kental 1 gelas
- Sari pandan (dibuat dari 5 helai daun pandan ditambah 5 helai daun suji)

Cara membuat srikaya Palembang :

Mula-mula buat adonan dari gula pasir dengan telur, kocok pelan-pelan hingga gulanya terlarut. Tak usah hingga mengembang. Tambahkan santan dan sari pandan lalu aduk-aduk agar merata tercampur. Sediakan panci pengukus dengan tutup diberikan lapisan serbet agar nanti uap air panas tak menetes ke adonan srikaya yang sedang dikukus. Tuangkan adonan srikaya ke wadah plastik kecil. Selalu aduk adonan tiap akan dituangkan ke wadah atau cetakan agar adonan tak menggumpal. Setelah siap semuanya, kukus kurang lebih dalam 15 menit. Ambil srikaya kemudian dinginkan beberapa saat dan kemudian tempatkan dalam kulkas.

Tips penting :

Pakai santan kental biasa. Masyarakat Palembang seringnya memakai santan glundu yang dibuat dari memanaskan santan di atas api hingga berminyak. Bila ingin memakai santan glundu, tuangkan sedikit air agar srikaya menjadi bagus.  Bila hendak memakai sari santan yang sangat kental, hendaknya juga ditambahkan air agar hasilnya nanti tak menggumpal. Gunakan sari pandan asli sehingga lebih sehat. Srikaya dengan sari pandan asli dan daun suji biasanya memiliki warna hijau yang kalem sekaligus juga lebih harum. Sementara bila Srikaya dibuat dengan tambahan pasta pandan yang banyak dijual sekarang ini seringnya memiliki warna yang lebih cerah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel