Cara Membuat Gepuk Daging Sapi Khas Sunda

Gepuk adalah menu dengan bahan utama daging sapi dan merupakan salah satu makanan khas dari daerah Sunda Jawa Barat. Memang umumnya gepuk dibuat dari daging sapi namun adakalanya pun memakai daging kerbau. Gepuk khas Sunda diolah dengan bumbu rempah bersantan yang mempunyai rasa sedikit manis dan gurih. Cara membuat gepuk daging sapi khas Sunda berikut ini cukup mudah dipraktekkan sendiri di rumah sebagai sajian untuk keluarga.


Yang khas dari pengolahan gepuk yaitu daging yang dipotong searah serat dan tak melintang sebagaimana masakan lain. Daging sapi yang telah direbus setengah matang kemudian diiris-iris dan dipukul-pukul dengan tujuan daging jadi empuk. Berikutnya daging dimasak dengan berbagai bumbu beserta santan sampai volumenya berkurang banyak. Proses terakhir yaitu menggoreng daging sapi tadi sampai matang dengan warna berubah jadi cokelat tua.

Aneka bahan yang harus disiapkan :
- Daging sapi bagian has 500 gram
- Daun serai 2 tangkai digeprak
- Daun salam 2 helai
- Lengkuas 2 cm dimemarkan
- Jahe 3 cm dimemarkan
- Air asam jawa 2 sendok makan
- Santan segar 500 ml
- Gula merah sesuai kebutuhan disisir
- Garam seperlunya
- Air sesuai kebutuhan
- Minyak goreng untuk menumis dan menggoreng

Bumbu-bumbu dihaluskan :
- Bawang merah 10 siung
- Bawang putih 6 siung
- Cabai merah 4 buah
- Kemiri 3 butir
- Ketumbar 1 sendok makan
- Lada 1 sendok teh
- Biji pala 1/4 butir

Cara Membuat Gepuk Daging Sapi Khas Sunda :

Langkah pertama, sediakan panci ukuran sedang lalu masukkan daging sapi, daun salam, daun serai, lengkuas dan jahe. Tambahkan air seperlunya sampai daging terendam hampir semuanya. Selanjutnya rebus daging sampai sekedar matang dan tak sampai empuk.  Ambil daging dari panci. Iris daging searah serat. Selanjutnya pukul-pukul memakai ulekan sampai seratnya memar dan teksturnya lunak. Tempatkan lagi daging dalam air rebusan tadi lalu panaskan kembali sampai mendidih.

Haluskan bahan-bahan bumbu halus lalu tumis sampai matang dan tercium aroma sedap khas bumbu. Masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi dalam rebusan daging. Tambahkan santan dan juga gula merah dan garam sesuai kebutuhan. Panaskan terus sampai volume santan menyusut. Paling akhir tambahkan air asam jawa dan rebus lagi sampai santan berkurang dan kental. Matikan kompor dan ambil dagingnya. Lanjut dengan menggoreng daging menggunakan minyak panas sampai agak garing serta warnanya berubah jadi cokelat gelap. Hidangkan gepuk saat masih hangat disantap dengan nasi hangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel