Cara Memasak Genjer Agar Tidak Pahit

Genjer adalah salah satu jenis sayur-mayur serupa dengan tanaman eceng gondok. Tanaman yang saat ini sudah sulit ditemukan, tak sebagaimana bayam atau kangkung. Mungkin saja ada sebagian orang yang sama sekali tak tahu rupa atau mencicipi genjer ini. Inilah sayuran andalan rakyat kebanyakan di zaman susah dahulu. Meski sayuran ini terkandung banyak gizi dengan citarasa yang unik dan sudah pasti lezat saat dibuat menu masakan.

Cara Memasak Genjer

Kecuali itu harga genjer juga murah meriah. Genjer biasa dimasak tumis yang dilengkapi dengan bahan makanan lain diantaranya udang, teri, tempe atau tahu.  Memasak genjer ternyata ada triknya untuk menghilangkan rasa pahit yang ditimbulkannya. Cara memasak genjer agar tidak pahit dimulai dari tahap memilihnya. Pilih sayur genjer yang muda yang cenderung tak menghasilkan rasa pahit atau getir. Genjer muda berdaun lebar dengan bunga masih menguncup. Ketika ditekan di bagian bunga masih terasa lembut. Bila membeli sayur genjer dengan bunga telah sedikit mekar yang teksturnya keras, gunakan bagian daun dan batang.

Sesudah mendapatkan genjer yang muda, rajang-rajang sesuai keinginan. Lalu rendam dalam air sehingga kotoran yang melekat di daun menjadi bersih. Selanjutnya bilas dan tiriskan sebentar. Bagi yang hanya mendapatkan yang agak tua, cara memasak genjer agar tidak pahit yaitu dengan meremas-remas dengan sedikit garam ketika hendak dimasak kemudian siram menggunakan air panas sampai layu.

Sayuran genjer mempunyai tekstur batang dengan rongga sehingga akan kempes ketika dipanaskan. Untuk itu genjer harus dimasak sebentar saja menggunakan api sedang sampai layu namun warnanya tetap hijau. Sayur genjer yang dipanaskan agak lama biasanya akan mengakibatkan warnanya kehitaman dengan tekstur terlampau lunak serta rasa yang tak begitu enak.  Oleh karena itu tambahkan genjer segera sesudah menumis bawang, cabai dan bumbu lain.


Supaya makin nikmat genjer bisa dimasak dengan beberapa pelengkap misalnya tempe, oncom, teri, udang dan bahkan juga petai. Berikut salah satu resep sederhana, tumis genjer pedas :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Sayur genjer 1 ikat
  • Cabe merah besar 1 buah dirajang
  • Cabe rawit 4 buah dirajang
  • Bawang merah 2 siung dirajang
  • Bawang putih 2 siung dirajang
  • Tomat ukuran besar 1 buah
  • Garam seperlunya
  • Penyedap rasa sedikit bila suka
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Air secukupnya


Cara memasak :

Mula-mula genjer direbus sebentar dengan ditambahkan sedikit garam.  Tidak usah hingga matang namun cukup terendam dalam air panas saja guna membuang getah dan rasa pahit. Ambil dan tiriskan. Bumbu-bumbu ditumis sampai matang dan harum. Tambahkan genjer kemudian tambahkan sedikit air. Masukkan garam dan penyedap rasa kemudian cicipi. Bila sudah pas angkat dan siap disajikan. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel