Cara Membuat Mustofa Kering Kentang Pedas

Menu kering kentang balado yang satu ini namanya cukup unik, Mustofa. Entah mengapa namanya malah menggambarkan nama orang. Namun yang pasti menu yang satu ini cukup yummy, kriuk renyah, pedas dan sedikit manis. Cara membuat mustofa kentang kering gurih pedas ini cukup mudah dan tak butuh waktu lama. Mustofa kering kentang balado menjadi salah satu menu yang sangat digemari banyak orang.

Bermacam bumbu bisa dikreasikan, namun untuk membuat mustofa kering kentang yang kerenyahannya awet tentu ada triknya tersendiri. Menu mustofa dibuat dari kentang biasa yang banyak dijual di pasar. Bumbu-bumbu yang biasa digunakan hanya bawang merah, bawang putih dan yang tak boleh ketinggalan adalah cabai sebagai pemberi rasa pedas. Menu mustofa ini pun bisa ditambahkan teri nasi goreng yang akan menambah sensasi rasa sedap. Berikut langkah-langkah cara membuat mustofa yang bisa dicoba di rumah.

Aneka bahan yang perlu disiapkan :

- Kentang 1 kilo
- Teri nasi 100 gram
- Gula pasir 3 sendok makan
- Daun jeruk 5 helai
- Garam seperlunya
- Kaldu instan serbuk seperlunya (bila suka)
- Minyak goreng seperlunya

Bumbu-bumbu dihaluskan :

- Bawang merah 7 siung
- Bawang putih 3 siung
- Cabai merah keriting 9 buah
- Cabai rawit merah 11 buah

Langkah dan cara membuat mustofa :

Pertama-tama kentang dikupas lalu dicuci bersih dan diserut memanjang menurut selera. Cuci kembali kentang beberapa kali lalu rendam dalam air bersih. Penggorengan dengan minyak goreng disiapkan kemudian panaskan dengan api kecil. Tiriskan kentang sampai tak ada airnya yang menetes. Goreng kentang  sampai warnanya menjadi kecoklatan, angkat dan tiriskan. Selanjutnya teri nasi dicuci bersih, tiriskan lalu digoreng sampai matang dengan warna kecoklatan. Lanjut dengan menumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan  sampai wangi dan matang. Selanjutnya tambahkan gula pasir, garam, daun jeruk, kaldu serbuk dengan terus dipanaskan sampai kental.

Menggunakan wadah tersendiri, campurkan kentang, teri nasi dan bumbu yang tadi ditumis. Aduk-aduk memakai tangan yang dilapisi plastik sampai bumbu merata menempel ke kentang dan teri. Tunggu hingga dingin kemudian masukkan dalam toples berpenutup. Menu mustofa kentang teri sudah bisa disantap untuk lauk nasi atau dicemil begitu saja sama-sama sedapnya. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel