Cara Membuat Putri Salju yang Lembut

Kue yang satu ini memang mempunyai sebutan yang unik, putri salju. Jenis kue kering ini bentuknya laksana bulan sabit dengan seluruh permukaan dibalut serbuk gula halus menyerupai salju. Saat dinikmati, terasa lembut dan dingin di mulut bukan karena es, namun serbuk gula yang menyelimutinya. Cara membuat putri salju yang lembut bisa menggunakan berbagai resep, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Resep putri salju nan lembut

Aneka bahan yang diperlukan :

- Gula halus 350 gram sebagai taburan
- Tepung terigu 175 gram
- Keju edam parut 100 gram
- Tepung maizena 30 gram
- Garam seperempat sendok teh
- Margarin 175 gram
- Kuning telur 3 butir

Cara membuat putri salju yang lembut :

Mula-mula siapkan loyang dan oleskan margarin pada permukaannya. Ambil margarin, masukkan dalam wadah besar untuk kemudian dikocok sampai mengembang. Masukkan kuning telur lalu kocok lagi hingga mengembang. Tuangkan tepung terigu dan tepung maizena terus diaduk merata. Gunakan sendok teh untuk mengambil adonan, lalu bentuk menyerupai bulan sabit dan tata dalam loyang. Setelah adonan selesai dibentuk di loyang, panggang dalam oven di suhu 160 derajat celcius kurang-lebih 15 menit hingga matang. Keluarkan dari oven dan biarkan mendingin. Taburkan gula halus sampai seluruh permukaannya terselimuti. Tata dalam wadah toples dan tutup rapat.

2. Resep putri salju panggang teflon

Aneka bahan yang diperlukan :

- Tepung terigu 250 gram
- Margarin 100 gram
- Susu bubuk 2 sendok makan
- vanilli bubuk seperempat sendok teh
- Kuning telur 1 butir
- Gula halus 100 gram

Cara membuat putri salju panggang teflon :

Tepung terigu disangrai kemudian didinginkan. Tambahkan margarin, gula halus serta vanilla. Aduk-aduk merata. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk kemudian uleni hingga kalis. Teflon disiapkan di atas kompor, tambahkan tatakan tengah dandang untuk mengukus yang berlubang-lubang. Siapkan juga tutup untuk menutup teflon. Lalu panaskan sekitar 15 menit menggunakan api kecil. Buat adonan berbentuk bulan sabit dan tata di atas tatakan dandang tadi. Panggang hingga matang. Ambil dari panggangan dan selagi masih hangat guling-gulingkan ke gula halus. Setelah mendingin, susun dalam wadah stoples lalu tutup rapat.

3. Resep putri salju pandan lembut

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

- Mentega 100 gram
- Gula bubuk 100 gram
- Kacang mede matang 100 gram dihancurkan
- Essen aroma pandan 2 sendok teh
- Tepung terigu 150 gram
- Gula serbuk 100 gram sebagai taburan
- Susu bubuk 100 gram sebagai taburan
- Gula donat 100 gram sebagai taburan

Cara membuat putri salju lembut tanpa oven :

Tuangkan margarin bersama gula bubuk ke wadah besar kemudian aduk-aduk merata. Masukkan essen pandan dan aduk-aduk lagi. Masukkan kacang mede beserta tepung terigu dan aduk-aduk lagi. Adonan dibuat bentuk bulatan lalu dibungkus menggunakan plastik dan dimasukkan lemari es kurang lebih setengah jam. Pipihkan adonan kemudian dicetak. Panci pengukus dipanaskan tanpa air menggunakan api kecil. Oleskan saringan panci dengan margarin. Panaskan selama 20 menit menggunakan api kecil lalu ambil. Buat taburan dengan mencampurkan gula serbuk, susu bubuk, dan gula donat. Setelah kue mendingin, gulingkan ke taburan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel