Cara Merebus Daging Agar Cepat Empuk

Cara merebus daging agar cepat empuk sebenarnya tak ada proses yang rumit namun sebagaimana merebus seperti biasa. Yang akan membuat daging cepat empuk saat direbus adalah perlakuan sebelum itu. Beberapa proses yang bisa dilakukan untuk mengempukkan tekstur daging dengan cepat ketika direbus adalah sebagai berikut :



1. Menggunakan garam
Taburkan garam laut (bukan garam meja) ke daging satu jam sebelum dimasak. Saat daging menyerap garam tersebut maka bahan ini akan memecah protein dan membuat teksturnya menjadi lunak. Setelah itu daging bisa direbus atau dibakar.

2. Menggunakan Teh

Seperti diketahui teh memiliki kandungan tannin yang merupakan bahan pelembut alami. Untuk itu buat secangkir atau dua cangkir teh hitam kental. Biarkan dingin lalu gunakan untuk merendam daging selama beberapa saat lamanya. Selanjutnya daging bisa direbus seperti biasa.

3. Anggur, jus jeruk atau cuka
Ketiganya merupakan sumber cairan asam yang akan melembutkan serat otot dan menguatkan rasa. Untuk jus jeruk kita bisa menggunakan jeruk lemon, limau atau nanas. Cuka bisa berupa sari apel, cuka balsamik atau cuka biasa. Anggur merah adalah pilihan yang tepat sebab buah yang satu ini mengandung senyawa tannin yang cukup kuat.

4. Saus tomat
Tomat bersifat asam. Itulah salah satu alasan utama saus tomat sering digunakan sebagai saus barbeque atau daging panggang.

5. Menggunakan Bir
Bagus untuk menambahkan rasa, bir juga mengandung asam alfa dan tannin. Sehingga bir bisa menjadi salah satu pilihan bahan yang akan membuat daging empuk. Rendam daging dalam cairan bir setidaknya satu jam sebelum memanggang atau menggorengnya.

6. Cola
Bumbui danging dengan minuman cola (bukan diet coke) minimal 30 menit hingga 24 jam. Kandungan asam yang terkandung di dalam minuman Cola adalah asam yang bersifat katalis yang bisa membuat tekstur daging cepat empuk saat direbus atau dibakar.

7. Jahe
Jahe mengandung enzim proteolitik yang secara alami memecah protein. Gunakan parutan jahe segar untuk diborehkan ke daging dan biarkan beberapa saat lamanya. Setelah itu daging bisa direbus.

8. Kopi
Inilah pelunak daging alami yang juga bisa meningkatkan citarasa. Untuk menggunakannya, seduh seteko kopi kental lalu dinginkan. Setelah itu rendam atau basahi daging untuk kemudian dibiarkan selama 24 jam sebelum dipanggang.

9. Buttermilk dan yoghurt
Keduanya pun bersifat asam sebagai agen pengempuk daging. Produk susu ini pun memiliki kandungan kalsium yang akan mengaktifkan enzim dalam daging yang juga akan membantu memecah protein.

10. Buah ara, nanas, kiwi, pepaya
Keempatnya mengandung enzim nabati yang akan melarutkan protein dan jaringan ikat. Olesi potongan daging dengan salah satu dari buah-buahan tersebut dan biarkan selama beberapa jam. Selanjutnya tinggal merebusnya beberapa saat dan daging akan segera empuk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel