Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit dan Enak

Pare termasuk diantara jenis sayuran dengan banyak manfaat. Sayur yang satu ini populer dengan rasa pahitnya, karenanya sebagian orang tak begitu suka memakannya. Sebetulnya pare akan terasa nikmat bila tahu cara memasaknya. Cara memasak pare agar tidak pahit dan enak sebenarnya sangat mudah.
Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Untuk menghilangkan rasa pahit pare rasanya mustahil sebab ciri khas sayur ini memang rasa pahit. Yang dapat dilakukan cuma menurunkan kadar pahit dari pare tersebut. Berikut tips cara memasak pare agar tidak pahit dan enak :

1. Menambahkan garam


Mula-mula potong pare dalam dua bagian, selanjutnya hilangkan bijinya dan juga selaput putih yang menempel. Berikutnya rajang tipis dan bubuhi garam halus sedikit. Remas-remas hingga tekstur pare nampak lembek. Biarkan sekitar 15 menit lalu bilas menggunakan air mengalir. Kini Pare siap untuk dimasak menurut resep yang diinginkan. Perlakuan dengan garam juga bisa dilakukan dengan merebusnya hingga agak lunak memakai air yang ditambah sedikit garam. Akan tetapi kekurangan dari tips ini yaitu kadar nutrisi di dalam pare akan menyusut atau malah hilang sama sekali.

2. Menambahkan gula pasir

Hampir sama dengan metode sebelumnya, cara memasak pare agar tidak pahit ini menggunakan gula pasir. Tambahkan sedikit gula pasir pada rajangan pare lalu remas-remas. Tujuan diremas-remas yaitu mempercepat keluarnya ekstrak pahit yang terkandung dalam pare. Dengan begitu rasa pahit pare akan sedikit berkurang.

3. Menambahkan daun jambu biji

Prosesnya relatif sederhana yakni pare direbus dengan tambahan beberapa lembar daun jambu biji. Sebelumnya lebih dulu daun jambu biji dicuci bersih, sementara pare dipotong-potong terlebih dahulu. Pare direbus kurang lebih dalam waktu 5 menit hingga agak matang. Bila teksturnya sudah agak empuk segera saja ditiriskan. Sebagai patokan, bila kita akan memasaka pare sebanyak setengah kilo, untuk itu daun jambu biji yang digunakan 10 helai saja.

4. Tambahkan lempengan tanah liat

Cara memasak pare agar tidak pahit yang satu ini mungkin jarang diketahui. Pare direbus dalam air dimana di dalamnya sudah ditambahkan lempengan tanah liat kering. Lama merebus kira-kira 5 hingga 10 menit. Lempengan tanah liat kering bisa dibeli di pasar tradisional. Cara ini mungkin agak repot sebab sesudah selesai direbus kita mesti mencuci kembali pare yang terkena serpihan tanah liat.

5. Tambahkan bumbu

Termasuk cara memasak pare yaitu menambahkan macam-macam bumbu sehingga rasa pare yang tadinya pahit akan tersamarkan dengan sedapnya bumbu yag digunakan. Misalnya menggunakan bumbu kacang, memberikan tambahan bawang bombay atau menambahkan ikan teri atau udang segar sesuai dengan resep yang digunakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel