Cara Memasak Tempe Kecap Gurih Sedap

Tempe adalah salah satu bahan makanan paling gampang dijumpai dimana saa. Harga makanan khas Indonesia ini pun sangat murah dengan citarasa yang lezat dan gurih. Yang cukup mengagumkan, tempe pun memiliki kandungan zat gizi yang menyehatkan orang yang memakannya. Berbicara tentang tempe, diantara berbagai menu olahan tempe yang sangat populer selain tempe goreng renyah yaitu tempe kecap atau kering tempe. Cara memasak tempe kecap sama mudahnya dengan membuat tempe goreng renyah.

Tempe sebagai makanan yang disukai segala kalangan mulai anak-anak hingga orangtua ini ada dua jenis yaitu yang kedelainya rapat dan yang kedelainya renggang atau lebih banyak jamur raginya. Untuk membuat kering tempe atau tempe kecap biasanya digunakan tempe dengan kedelai rapat. Tempe jenis inilah yang paling banyak dijual di pasar-pasar tradisional hingga supermarket. Tempe jenis ini bila digoreng maka akan garing dan renyah. Berikut cara memasak tempe kecap yang lezat dan gurih pedas.

Bahan-bahan yang harus disiapkan :

- Tempe kualitas bagus 250 gram diiris kotak ukuran 2x2cm lalu digoreng setengah matang
- Bawang merah 6 siung dirajang lembut
- Bawang putih 3 iung dirajang lembut
- Cabe merah 2 buah dirajang miring
- Cabe hijau 2 buah dirajang miring
- Lengkuas 2 cm digeprak
- Daun salam 1 helai
- Garam 1 sendok teh
- Merica putih halus 1/2 sendok teh
- Kecap manis 2 sendok makan
- Air 100 cc
- Minyak goreng 3 sendok makan untuk menumis

Cara memasak tempe kecap :

Langkah pertama adalah memanaskan minyak goreng untuk menumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi. Lalu tambahkan rajangan cabe merah, cabe hijau, daun salam dan lengkuas. Terus ditumis sampai bau langu hilang. Tambahkan rajangan tempe setengah matang tadi lalu aduk-aduk agar bumbu terserap merata. Bubuhi garam, merica serbuk serta tuang kecap manis dengan tetap diaduk-aduk. Tambahkan air dan terus dimasak sampai bumbu-bumbu terserap ke potongan. Setelah air habis dan tekstur tempe kering maka segera angkat dari wajan. Hidangkan saat masih hangat untuk teman makan nasi putih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel