Cara Memasak Kwetiau Kering

Kwetiau adalah mi khas dari negeri China berwarna putih yang dibuat dari tepung beras. Namun berbeda dengan bentuk mi kebanyakan, Kwetiaw bentuknya pipih memanjang dan lebar hanya sekitar 1 cm. Kwetiau umumnya dimasak dengan digoreng atau direbus dalam kuah kaldu. Di Indonesia sendiri Kwetiau banyak dijumpai di lokasi dimana banyak masyarakat Tionghoa menetap. Mau tahu cara membuat Kwetiau?


Cara membuat Kwetiau bisa dengan teknik kering maupun basah. Untuk Kwetiau Kering dengan direbus sementara kwetiau basah dengan dikukus. Jenis bahan maupun komposisi bahan yang dipakai baik Kwetiau Basah atau Kwetiaw Kering sama saja yaitu 100 gr tepung beras, 100 gr tepung terigu, 2 putih telur dan 1 sdm tepung maizena. Perbedaan cuma pada jumlah air yang digunakan sebagai pengencer.

Cara memasak Kwetiau Kering, takaran air yang dimasukkan ke adonan tepung lebih sedikit dibanding jumlah keseluruhan bahan kering yang akan menghasilkan adonan kalis. Sementara untuk Kwetiaw Basah sebaliknya yaitu takaran air lebih banyak yang akan membuat adonan kental. Proses awal cara memasak Kwetiau Kering yaitu mencampurkan seluruh bahan kering kemudian ditambahkan air sedikit demi sedikit sembari diuleni terus sampai kalis. Selanjutnya adonan tersebut dimasukkan alat giling sampai menghasilkan lembaran dengan tebal hanya 1 mm. Taburi dengan tepung terigu di permukaannya agar tak lengket di tangan.

Sesudah itu lembaran diiris memanjang selebar 1 cm. Berikutnya rebus menggunakan air mendidih yang sudah diberikan sedikit minyak goreng dan garam supaya helaian adonan tak saling melekat satu dengan yang lain. Adonan terus direbus sampai matang atau agak matang terserah dari keinginan pembuat. Berikutnya Kwetiaw diambil dan ditiriskan. Kwetiau Kering sudah bisa diolah sesuai resep yang diinginkan.

Sajian menu mudah berikut ini selalu diandalkan ketika tak ada waktu berlama-lama di dapur. Menu Kwetiau dengan tekstur yang kenyal nikmat disajikan bersama udang, sayur serta cabe. Nama menunya adalah Kwetiau Goreng Telur.

Bahan-bahan yang diperlukan (untuk 4 porsi) :

- Kwetiau kering 250 gram
- Margarin 2 sendok makan
- Minyak wijen 1/2 sendok teh
- Bawang putih 2 siung dirajang lembut
- Kecap ikan 2 sendok makan
- Merica halus 1/2 sendok teh
- Garam 1 sendok teh
- Daun bawang 1 batang dirajang kasar
- Daun selada 5 helai
- Telur ayam 1 butir

Cara membuat Kwetiau Goreng Telur :

Pertama-tama kwetiau kering direbus dalam air mendidih sampai empuk. Kemudian diangkat dan ditiriskan. Margarin dipanaskan dalam wajan lalu tuangkan minyak wijen. Bawang putih ditumis sampai harum. Berikutnya tambahkan merica halus, kecap ikan, dan garam. Aduk-aduk agar tercampur merata. Masukkan daun bawang dan daun selada serta telur, lalu aduk-aduk sampai telur matang. Tambahkan kwetiau, aduk-aduk agar bumbu terserap merata. Kwetiau Goreng Telur siap dihidangkan selagi hangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel