Cara Membuat Skotel Makaroni Kukus

Skotel Makaroni menjadi salah satu menu pasta yang sering disajikan saat pesta. Kecuali rasanya yang sangat lezat sehingga disukai kebanyakan orang, menu ini pun sering dibuat dengan porsi besar sehingga bisa disantap bersama-sama. Olahan pasta dari Italia ini pun bisa ditambahkan keju, smoke beef sampai susu. Lumrah bila menyantapnya akan pula membuat perut kenyang dengan segera. Cara memasaknya bisa dipanggang ataupun dikukus.


Bagi para ibu yang hendak menghidangkan menu skotel makaroni di rumah untuk sajian makan malam, berikut resep-resepnya. Kita bisa menambahkan bermacam topping yang lain menurut keinginan misalnya daging cincang, sosis maupun sayur brokoli. Skotel makaroni bisa disimpan dalam kulkas hingga 2 hari dan dihangatkan bila hendak dihidangkan.

1. Skotel Makaroni kukus simpel

Bahan-bahan yang diperlukan :

- Pasta makaroni 100 gram direbus kemudian ditiriskan
- Margarin 1 sdm
- Bawang bombay 1/2 buah dirajang lembut
- Bawang putih 2 siung dirajang lembut
- Daging giling 100 gram
- Sosis 3 buah dirajang-rajang
- Paprika merah 1/2 buah diiris kotak
- Paprika hijau 1/2 buah diiris kotak
- Telur 3 butir
- Susu cair 200 cc
- Garam seperlunya
- Merica halus seperlunya
- Gula pasir seperlunya
- Keju parut 50 gram

Cara membuat skotel makaroni kukus :

Pertama, tuangkan margarin dalam wajan lalu masukkan bawang bombay dan bawang putih dan tumis sampai wangi. Tambahkan daging giling dan dimasak sampai daging empuk kemudian diangkat. Campurkan makaroni, tumisan daging, telur, paprika, susu cair, merica halus, garam serta gula pasir kemudian aduk-aduk merata. Sediakan mangkuk tahan panas kemudian tuangkan adonan dan tambahkan topping keju parut. Kukus sampai matang kemudian angkat dan siap dihidangkan.

2. Skotel Makaroni Smoked Beef

Bahan-bahan yang diperlukan :

- Makaroni 1/2 kg
- Mentega 3 sendok makan
- Tepung terigu 3 sendok makan
- Susu cair 600 cc
- Bawang bombay 1/2 buah
- Ssmoked beef 1 bungkus dirajang dadu
- Keju cheddar 200 gram
- Keju mozarella 100 gram
- Telur ayam 3 butir
- Parsley seperlunya dirajang lembut
- Saus tomat seperlunya
- Biji pala
- Garam 2 sendok teh
- Gula 2 sendok teh
- Lada hitam 1 sendok teh
- Minyak zaitun secukupnya

Cara membuat skotel makaroni Smoked Beef

Pertama, rajang bawang bombay, parsley serta smoked beef. Tambahkan sedikit minyak zaitun kemudian bawang bombay dan smoked beef ditumis di panci. Masukkan tepung terigu, mentega serta susu cair kemudian panaskan sampai mendidih dan mengental. Masukkan keju parut, garam, gula, lada serta biji pala. Masukkan rajangan parsley terus matikan api kompor. Tunggu adonan mendingin. Tambahkan makaroni dan telur sembari diaduk agar tercampur rata. Tuang ke kaserol kemudian tambahkan saus tomat serta tambahkan keju parut. Adonan dipanggang untuk 30 menit pada suhu 180 derajat hingga kecokelatan. Adonan pun bisa dikukus hingga matang. Selagi hangat, Skotel makaroni dihidangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel