Tips Mudah Cara Membuat Jus Pare Agar Tidak Pahit

Membahas sayur-mayur dan buah-buahan, tanah air kita adalah salah satu negara yang melimpah akan kedua jenis bahan makanan tersebut. Termasuk sayur dengan pesona tersendiri akan tetapi tak setiap orang dapat memasak dan memproses pare. Pare adalah jenis sayur dengan ciri khas rasanya yang pahit sehingga tak diminati sebagian orang.


Mesti diketahui bersama jika pare adalah kelompok sayur-mayur dengan segudang khasiat kesehatan. Sayur Pare umumnya dimasak dalam bentuk tumis atau direbus sebagai pelengkap siomay. Pare pun bisa dijus untuk kemudian diminum untuk mendapatkan khasiat kesehatan yang dikandungnya. Belum banyak yang tahu cara membuat jus pare agar tidak pahit namun tetap tak menghilangkan khasiat yang ada. Berikut cara praktis membuat jus pare agar tidak pahit :

1. Tambahkan gula pasir
Prosesnya, mula-mula potong pare jadi dua, singkirkan biji di dalamnya kemudian rajang kecil-kecil. Berikutnya berikan gula pasir kurang lebih 5 sdm atau sesuai kebutuhan untuk 3 buah pare. Campurkan irisan pare dan gula pasir kemudian remas-remas sampai air sarinya keluar. Lanjutkan meremas-remasnya sampai air yang keluar tak ada lagi. Sesudah itu bilas pare menggunakan air bersih, kemudian peras lagi. Kini pare siap untuk dibuat jus tanpa menimbulkan rasa pahit saat diminum.
   
2. Tambahkan garam
Prosesnya pun hampir sama dengan cara sebelumnya. Pare dikupas kemudian dibelah dua dan dibuang isi di dalamnya. Selanjutnya rajang-rajang kecil-kecil. Tambahkan sedikit garam ke dalam potongn pare tadi lalu biarkan kurang lebih 15 menit sampai 30 menit. Pare kemudian diperas sampai lunak dimana air sarinya banyak yang keluar. Gunakan air mengalir untuk mencucinya sampai bersih hingga teksturnya kesat. Pare siap dibuat jus untuk diminum sebagai penunjang kesehatan tubuh.
   
3. Gunakan daun jambu biji
Penerapan daun jambu biji sebagai penghilang rasa pahit pare mudah saja. Pertama siapkan pare lalu Potong dan buang isi di dalamnya. Lanjut dengan merajang-rajangnya kecil-kecil. Sediakan sekurang-kurangnya 5 helai daun jambu biji segar. Pare dan daun jambu biji dicuci dulu baru kemudian dimasak dalam air hingga layu. Masukkan garam sedikit agar memudahkan rasa pahit hilang. Kalau telah layu berikutnya ambil pare kemudian saring dan cuci menggunakan air bersih. Pare kemudian diperas-peras sampai kesat, lalu silahkan diblender untuk dibuat jus pare yang tanpa rasa pahit lagi.

Baiklah, itulah tadi proses dan cara membuat jus pare agar tidak pahit. Memang rasa pahit pare dari proses di atas tak bisa hilang 100 persen. Oleh karena itu untuk menyamarkan rasa pahit yang masih ada, tambahkan beberapa bahan lain baik dari jenis sayuran lain atau buah saat memblendernya. Nah, selamat mencoba dan mendapatkan manfaat kesehatan sayur pare.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel