Resep-resep Cara Memasak Makaroni Pasta

Makaroni termasuk varian pasta yang cukup digemari kebanyakan orang. Ukurannya pas tak kelewat besar ataupun kelewat kecil serta. Tekstur saat dikunyah pun senantiasa membuat para penggemar kuliner tergoda. Makaroni sekarang ini adalah salah satu bahan makanan yang disukai untuk dimasak menjadi berbagai olahan. Makaroni saat menjadia sebuah masakan memang sangat sedap sehingga mampu membangkitkan selera makan.


Dari Makaroni saus keju nan gurih, Makaroni saus tomat yang menyegarkan atau Makaroni bumbu pedas yang membuat ketagihan. Makaroni pun dapat disajikan sebagai cemilan renyah dan gurih. Nah, berikut akan diberikan cara memasak Makaroni pasta pedas dan skotel Makaroni.

1. Makaroni Pasta Pedas :

Kebutuhan bahan-bahan :

- Makaroni 100 gram direbus sampai lunak lalu ditiriskan
- Bawang putih 5 siung dilumatkan
- Bawang merah dilumatkan
- Cabe rawit 5 buah dilumatkan
- Saus tomat sesuai selera
- Saus sambal sesuai selera
- Kaldu ayam serbuk seperlunya
- Garam seperlunya
- Merica halus seperlunya
- Daun seledri 1 tangkai
- Daun sawi sesuai selera direbus sampai lunak
- Minyak goreng seperlunya

Cara memasak Makaroni Pasta Pedas :

Pertama sekali bawang putih dan bawang merah ditumis sampai wangi. Lalu tambahkan garam, cabe rawit, daun seledri, daun sawi dan makaroni rebus. Aduk-aduk sampai merata, lalu tambahkan saus sambal, saus tomat, merica halus dan kaldu ayam halus. Aduk agar tercampur merata dengan tetap direbus sampai seluruh bahan matang. Angkat dan hidangkan saat panas.

2. Skotel Makaroni Kukus

Kebutuhan bahan-bahan :

- Makaroni 100 gram direbus hingga agak matang
- Roti tawar tanpa kulit 4 lbr dirajang kecil
- Susu cair 200 cc
- Susu cair 50 cc
- Telur 2 butir dikocok lepas
- Garam 1/2 sendok teh
- Merica halus 1/4 sendok teh
- Sosis sapi 3 buah dipotong menurut keinginan
- Wortel sedang 2 buah dirajang kotak kecil
- Keju cheddar parut 75 gram
- Saus sambal atau saus tomat seperlunya

Proses mengolah :

Mula-mula roti tawar direndam dalam 200 cc susu cair dan diaduk sampai lumat. Masukkan merica halus, garam, sosis, wortel dan keju cheddar lalu diaduk merata. Campurkan telur dengan 50 cc susu cair lalu dikocok merata. Tuangkan campuran telur+susu tadi ke adonan dan diaduk merata. Sediakan loyang 17 cm x 17 cm yang telah diolesi mentega di permukaannya. Tempatkan makaroni di bagian paling bawah dan pinggir loyang. Tuangkan semua adonan ke loyang. Tambahkan topping menggunakan sisa makaroni. Adonan kemudian dikukus kurang lebih 45 menit sampai matang memakai api sedang. Ambil Skotel Makaroni Kukus dari dalam dandang, tunggu sampai panas menurun. Selanjutnya keluarkan dari loyang supaya tak hancur. Iris Skotel Makaroni Kukus kemudian sajikan saat masih hangat. Lengkapi dengan saus tomat atau saus sambal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel